Nasional

Negara-negara yang Pernah Ganti Nama, India Fix Jadi ‘Bharat’?

LiveNews – Pemerintah India berencana mengumumkan pergantian namanya menjadi Bharat pertengahan bulan ini. Kabar tersebut tersiar sejak dipublikasikannya surat undangan KTT G20 yang akan berlangsung di India pada 9 hingga 10 September yang bertuliskan: “President of Bharat”.

Perubahan tersebut termasuk pula perubahan nama kota dan tempat di India. Contohnya yakni Taman Mughal yang ada di Istana Presiden berubah menjadi Amrit Udyan.

Berkaitan dengan itu, berikut ini daftar negara yang pernah ganti nama selain India.

Kamboja 

Baca Juga:Filosofi dan Makna ‘Bharat’: Digadang-gadang Jadi Nama Baru India

Kamboja adalah negara yang kerap mengubah nama karena melakukan perubahan hingga 4 kali. Sebelumnya pada 1953 hingga 1970 disebut sebagai Kerajaan Kamboja, pada 1970 hingga 1975 menjadi Republik Khmer.

Kemudian pada 1975 hingga 1979 menjadi Kampuchea Demokratik. Terakhir pada 1989 hingga 1993 menjadi Kamboja dan ditetapkan dalam otoritas transisi PBB.

Turki

Turki mengganti nama internasionalnya menjadi Turkiye pada 2022. Perubahan yang diajukan ke PBB ini untuk menghapus konotasi negatif dan mengubah citra negara. Selain itu, istilah ini juga mengekspresikan peradaban, budaya, dan nilai Turkiye dengan cara terbaik.

Myanmar

Baca Juga:Tiba di India, Jokowi Hadir dalam KTT G20

Myanmar dulunya bernama Burma. Burma diambil dari nama etnis yang berkuasa saat itu. Nama Burma diganti satu tahun setelah junta yang berkuasa menindas kelompok pemberontak pro-demokrasi. Myanmar artinya “Tanah Emas”.

Iran

Iran menjadi istilah yang dikenalkan oleh pemerintah sejak 1935 saat pemerintahan Reza Shah. Merujuk Iran Chamber Society, perubahan Persia menjadi Iran ini merupakan usulan duta besar Iran untuk Jerman yang dipengaruhi Nazi.

Pemberian istilah baru ini menandakan era baru bagi Persia usai lepas dari kuasa Inggris dan Rusia. Arti Iran adalah “Tanah Bangsa Arya”.

Baca Juga:   Andika Perkasa dan Gatot Eddy Jadi Wakil Ketua Tim Pemenangan Ganjar, Apa Arahan Megawati?

Czechia

Ceko mengubah namanya menjadi Czechia pada 2016. Banyak negara yang belum familiar dengan nama Czechia. Perdana Menteri Ceko, Andrej Babis tidak setuju dengan perubahan ini.

Ethiopia

Ethiopia dibentuk sejak 1270 dengan adanya Kerajaan Abyssinia pada dinasti Solomon. Kemudian, Abyssinia berganti menjadi Ethiopia pada Perang Dunia Kedua.

Istilah ini dicetuskan Haile Silase, Raja X Ethiopia. Haile juga membuat Ethiopia termasuk dalam daftar negara pendiri PBB dengan nama barunya.

Ireland atau Eire

Pada 29 Desember 1937, Konstitusi irlandia menetapkan Irish Free State menjadi Eire atau dalam bahasa inggris disebut Ireland. 

Merujuk pada Irish Central, penulisan Eire tanpa aksen tidak berarti Irlandia tetapi “beban” dalam bahasa Irlandia. Penggunaan Eire dalam dunia internasional telah digunakan setelah proklamasi resmi republik pada 1949. 

Thailand

Siam adalah bahasa Sansekerta dan diadopsi Portugis pada abad-ke 16. Nama Siam berubah menjadi Thailand saat Phibum ambil alih kekuasaan pada 1939. 

Sri Lanka

Nama Sri Lanka berubah dari Ceylon untuk menghapus kesan dan membebaskan diri dari asosiasi kolonialisme. Istilah Sri Lanka pertama dipakai saat awal abad ke-20.

Nama Sri Lanka ditetapkan pada 1972. Namun Ceylon baru benar-benar dihapus dari pemerintahan Sri Lanka pada 2011.

Jordan atau Yordania

Pada tahun 1922, Yordania bernama Transjordan. Kemudian kembali berubah menjadi The Hashemite Kingdom of Transjordan pada 1946 atas Perjanjian London. Kemudian pada 1949, The Hashemite Kingdom of Transjordan menjadi The Hashemite Kingdom of Jordan atau Yordania dalam bahasa Indonesia.

Zimbabwe

Setelah merdeka dari kolonialisme pada 1980, Rhodesia mendapat pengakuan internasional dengan nama Republik Zimbabwe. Negara ini pun dikenal dengan sebutan Zimbabwe.

Makedonia Utara

Perubahan nama negara ini berlangsung pada 2019. Perubahan ini sebagai tanda berakhirnya perselisihan panjang dengan Yunani. Perubahan nama dari Republik Makedonia menjadi Makedonia Utara berhasil setelah melewati negosiasi selama 27 tahun.

Baca Juga:   Berita Pilihan: Dari Serupa Tapi Tak Sama Hingga Kabar Kaesang Bakal Bergabung dengan PSI

Cabo Verde

Pada 2013, negara di Afrika Barat ini mengubah identitas menjadi Republik Cabo Verde atau Republica de Cabo Verde. Istilah sebelumnya adalah Cape Verde atau tanjung Verde. Cabo Verde ini diambil dari nama Portugis yang artinya Jubah Hijau.

Swaziland menjadi eSwatini

Pada 2018, Raja Swaziland, Raja Mswati III mengumumkan perubahan namanya. eSwatini berarti tempat rakyat Swazi dalam bahasa Swazi. Perubahan ini untuk menghapus bayangan kolonialisme negara eSwatini.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma

Related Articles

Back to top button