Bisnis

Pegadaian Beri Penghargaan untuk Bank Sampah Binaan Terbaik Se-Indonesia

LiveNews – PT Pegadaian memberikan penghargaan kepada pemenang kompetisi bank sampah terbaiknya pada malam penganugerahan yang menjadi acara puncak rangkaian kegiatan Gathering Bank Sampah Binaan Pegadaian 2023 se-Indonesia di Kota Padang, pada Rabu (8/11/2023).

Penghargaan tersebut diberikan sebagai wujud kepedulian terhadap masalah lingkungan dan keberlanjutan di Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, Walikota Padang, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian BUMN selaku stakeholder, serta Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan, Eka Pebriansyah yang mewakili manajemen PT Pegadaian. Dalam sambutannya, Eka menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengelola Bank Sampah serta stakeholder yang telah memberikan kontribusi dalam mendukung terciptanya green environmental di Indonesia, bersama Pegadaian.

“Pegadaian berkomitmen untuk mendukung terciptanya lingkungan hijau di Indonesia, melalui berbagai program yang ada. Bahkan Pegadaian juga memiliki program The Gade Clean & Gold, dimana masyarakat dapat menukar sampah yang dianggap tidak berharga menjadi saldo tabungan emas yang bernilai. Kami berharap kompetisi bank sampah ini dapat menjadi stimulus bagi Bank Sampah untuk berbenah menjadi lebih baik lagi. Terima Kasih atas kontribusi seluruh pihak yang telah berdampingan bersama Pegadaian, mudah-mudahan sinergi ini membawa manfaat dan kebaikan untuk kita semua”, ujar Eka.

(Dok: Pegadaian)

Seluruh penghargaan diberikan langsung oleh Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan kepada para pemenang, serta Gubernur, KLHK dan KBUMN. Adapun Bank Sampah yang berhasil meraih penghargaan, antara lain:

–       Kategori Tata Kelola Bank Sampah Induk

1.     BS Dewi Shita

2.     BS Kota Hijau

3.     BS Pancadaya

–       Kategori Tata kelola Bank Sampah Unit

1.     BS Asri Mandiri

2.     BS Muria Berseri Kudus

3.     BS Merbabu Kota Cirebon

–       Best Achievement

Baca Juga:   Perasaan Sri Mulyani saat Resmikan LRT Jabodebek Bareng Jokowi: Deg-Degan

1.     Penambahan Nasabah: BS Pancadaya

2.     Penambahan Gramasi: BS Karya Mandiri

–       10 Terbaik Nasional Bank Sampah Binaan Baru Terpilih Pada Program Clean n Gold Movement: BS Ias Toba, BS Gunung Emas, BS Berseri, BS Indah Makmur, BS Jekan Mandiri, BS Betandang, BS Hijau Daun, BS Yes Nerada, BS Masdarling, BS Kenanga.

Selain itu, Pegadaian juga memberikan apresiasi tambahan kepada bank sampah yang berhasil menciptakan dampak besar di lingkungannya berupa 3 unit truk kepada 3 bank sampah pilihan yaitu Bank Sampah Pancadaya (Padang), Bank Sampah Budi Luhur (Jakarta), dan Bank Sampah Panggung Harjo (Yogyakarta). Executive Vice President Divisi Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan PT Pegadaian Rully Yusuf mengatakan, apresiasi ini diberikan sebagai dukungan sarana prasarana yang terukur dan dibutuhkan oleh bank sampah tersebut.

“Tahun ini Pegadaian berhasil melakukan ekspansi bank sampah binaan baru melalui The Gade Clean and Gold Movement. Dari 75 kini jumlahnya menjadi 200 Bank Sampah binaan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Untuk mendukung kebutuhan Bank Sampah, kami memberikan tambahan apresiasi kepada 3 bank sampah yang telah memberikan dampak sangat besar terhadap lingkungan sekitarnya. Harapannya ini dapat digunakan dan bermanfaat bagi bank sampah tersebut untuk terus bergerak dan mengedukasi masyarakat”, ungkap Rully.

Sebelumnya, pada rangkaian kegiatan Gathering Bank Sampah, seluruh peserta nasional dikumpulkan untuk melakukan studi banding pentahelix dengan masyarakat, media dan pemerintah dalam memberikan dukungan kebijakan. Rangkaian acara terdiri dari Rapat Kerja Nasional yang dibuka oleh Ibu Mina Dewi selaku Ketua FORSEPSI dan Executive Vice President Divisi TJSL PT Pegadaian, dengan agenda evaluasi program Bank Sampah yang tengah berjalan, serta menetapkan fokus digitalisasi bank sampah melalui Aplikasi Pegadaian Peduli sebagai bentuk penerapan tata kelola yang efektif

Baca Juga:   Hari Hiu Paus Internasional, Pertamina International Shipping Luncurkan Program Konservasi di Teluk Cendrawasih

Kemudian seluruh peserta berkesempatan untuk menghadiri Talkshow bersama Walikota Padang, Hendri Septa. Harapannya, melalui Talkshow ini pengelola Bank Sampah yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia tersebut dapat belajar dan mengimplementasikan apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang. Pada sesi talkshow tersebut, Hendri berbagi cerita tentang bagaimana Kota Padang menjadikan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai wadah penggerak peduli sampah dengan memulai pemilahan sampah dan penyetoran kepada bank sampah.

“Pemerintah Kota Padang sedang berupaya melakukan pengelolaan sampah dengan membentuk Bank Sampah di setiap RW dan mendorong ASN untuk menjadi nasabah bank sampah. Salah satu bank sampah prioritas yang akan ditunjuk adalah BS Pancadaya, yang merupakan binaan Pegadaian.”, ujar Hendri.

Related Articles

Back to top button