Tekno

Pemerintah China Larang Pegawai Pemerintah Pakai iPhone, Kenapa?

Foto: The Telegraph

LiveNews- Pada 13 September 2023 mendatang raksasa teknologi Apple akan meluncurkan seri smartphone terbarunya yaitu iPhone 15. Banyak masyarakat yang menunggu perilisan iPhone series terbaru ini karena penasaran mengenai fitur baru apa saja yang coba ditawarkan oleh Apple.

Namun nyatanya tidak semua masyarakat menunggu kehadiran iPhone 15. China sebagai salah satu negara Asia dengan perkembangan teknologi yang pesat justru melarang para pekerja di bidang lembaga pemerintahan untuk menggunakan iPhone. Apa alasannya?

China Larang Pegawai Lembaga Pemerintah Pakai iPhone

Ilustrasi
Ilustrasi masyarakat china yang menggunakan iphone. Foto: Newyorkmagazine

Wall Street Journal melaporkan bahwa Pemerintah China telah mengeluarkan larangan bagi pegawai negeri untuk menggunakan iPhone atau merek HP asing lainnya. Laporan yang sama juga menyebutkan bahwa aturan baru ini telah diberitahukan kepada staf-staf oleh para petinggi dalam beberapa minggu terakhir. Meskipun begitu Reuter mengatakan bahwa hingga 6 September 2023, cakupan dari kebijakan ini dikatakan masihlah belum diperjelas. 

Baca Juga : Menjawab Tantangan ChatGPT: China Luncurkan Chatbot AI ERNIE

Pada dasarnya, China merupakan pasar iPhone terbesar, dimana seperlima pembeli iPhone berasal dari negara tirai bambu ini. Meskipun larangan ini masih diberlakukan dalam lingkup kecil, namun hal tersebut dapat mempengaruhi penjualan iPhone di masa mendatang ketika larangan ini diperluas. Namun hingga saat ini, baik pihak China maupun Apple tidak memberikan tanggapan atau kejelasan mengenai peraturan ini. 

Ketegangan yang Terjadi Antara China dan Amerika Serikat

Ilustrasi
Ilustrasi presiden amerika serikat dan china. Foto: Cnbcindonesia

Dalam beberapa waktu terakhir, China dan Amerika Serikat sering bersitegang dalam memblokir teknologi buatan negara satu sama lain. Hal ini dimulai dari pemerintah Amerika Serikat yang memblokir penggunaan TikTok, kemudian berlanjut saling memblokir teknologi chip, hingga isu terbaru bahwa iPhone tidak boleh digunakan oleh pekerja di lingkungan pemerintahan China. 

Baca Juga:   Meta Hentikan Layanan Messenger Lite di Perangkat Android

Semenjak satu dekade terakhir, China memang mulai mengurangi ketergantungannya akan teknologi asing. Beberapa contoh pengurangan penggunaan teknologi buatan asing oleh China adalah bank yang menggunakan software buatan lokal serta mendorong produksi chip dalam negeri demi mengembangkan teknologi yang sudah atau akan dimiliki. 

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ras)

Related Articles

Back to top button