Hiburan

Penyair Joko Pinurbo tutup usia

Jakarta (LiveNews) – Penyair terkemuka Joko Pinurbo dikabarkan meninggal dunia pada usianya yang ke-62 tahun di kotanya tempat tinggal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kabar itu diperkuat dengan unggahan dari salah satu rekannya Ulin Ni’am Yusron di Instagram @ulinyusron.

“Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Telah berpulang penyair, panutan dan pembimbingku waktu S2 IKJ Mas @jokpin.jogja tadi pagi. Saat ini jenazah masih di RS dan akan disemayamkan di PUKY siang nanti. Almarhum akan dimakamkan besok Minggu di Sleman,” kata Ulin dalam unggahannya itu, Sabtu.

Baca juga: Joko Pinurbo lelang puisi rayakan Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda

Joko Pinurbo yang kerap disapa Jokpin dikenal sebagai penyair yang telah memiliki nama besar di Indonesia. Karya-karyanya telah menginspirasi banyak penggemarnya termasuk generasi muda.

Beberapa karyanya yang dikenal di antaranya Celana (1999), Celana Pacarkecilku di Bawah Kibaran Sarung (2007), Di Bawah Kibaran Sarung (2001), Pacarkecilku (2002), hingga Telepon Genggam (2003).

Baca juga: Jokpin buat puisi soal #dirumahaja dan perjuangan melawan corona

Terbaru karyanya dirilis dalam bentuk buku pada 2020 bertajuk Perjamuan: Khong Guan: Kumpulan Puisi. Di media sosial ia dikenal menggemakan pesan #SelamatMenunaikanIbadahPuisi.

Menutup pesannya untuk sosok yang pernah membimbingnya, Ulin mengatakan, “Sugeng Tindak Mas Jokpin. Selamat berkumpul di swargaloka, mencipta puisi indah bersama Pak @damonosapardi”.

Baca juga: Oppie Andaresta bawakan puisi Joko Pinurbo lewat nyanyian

Baca juga: Joko Pinurbo ajak anak muda baca sastra lama

Baca juga: Cetakan baru buku Joko Pinurbo dilengkapi musikalisasi Oppie

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © LiveNews 2024

Baca Juga:   Perang batin atas laku manusia di film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa

Related Articles

Back to top button