Bisnis

Perbandingan Gaji PNS vs Pegawai BUMN, Mana yang Lebih Besar?

LiveNews – Berdasarkan penelusuran Redaksi LiveNews di situs pencarian kerja yang ada di Indonesia di periode dua tahun ke belakang, gaji PNS memang cukup menggiurkan. Namun, gaji karyawan BUMN tidak kalah. ASN banyak didambakan sebagai pekerjaan mayoritas karena berbagai tunjangan dari negara.

Gaji karyawan BUMN di Telkom sebagai contoh, posisi product manager ditawarkan gaji mulai dari Rp88,000,000 per bulan. Kemudian untuk tingkat senior manager, gaji yang ditawarkan mulai dari Rp39,000,000 per bulan. Untuk tingkat staf yang baru masuk, gaji per bulan ditawarkan mulai dari Rp7,000,000 per bulan.

Tentu angka ini berbeda-beda pada tiap BUMN yang ada di Indonesia, dan Telkom menjadi salah satu BUMN yang menawarkan gaji cukup tinggi diantara BUMN lainnya. Tapi jika kisaran pada tingkat staf saja bisa mencapai Rp7,000,000 per bulan, tentu ini akan jadi kabar baik untuk PNS jika wacana tersebut benar-benar direalisasikan bukan?

Gaji PNS Golongan Terendah hingga Tertinggi

Untuk PNS sendiri, sebenarnya pendapatan yang diterima juga cukup besar jika mempertimbangkan tunjangan dan variabel lainnya. Namun demikian, gaji pokok yang diterima cukup jauh jika dibandingkan dengan gaji pegawai BUMN.

Ilustrasi Gaji (Freepik)

Pada PNS golongan 1A, rentang gaji pokok yang diterima adalah Rp1,560,800 hingga Rp2,335,800. golongan 1A sendiri adalah golongan paling rendah dari PNS. Sedangkan untuk golongan tertinggi adalah golongan 4E, yang gaji pokoknya berkisar antara Rp3,593,100 hingga Rp5,901,200 per bulannya.

Namun demikian variabel gaji pokok ini masih ditambah dengan tunjangan, fasilitas cuti, jaminan pensiun, jaminan hari tua, dan perlindungan pengembangan kompetensi.

Isu tentang penyetaraan gaji PNS dan gaji pegawai BUMN memang tengah menjadi bahasan hangat. Banyak pihak memberikan analisis dan pandangannya akan hal ini, dan pro-kontra telah muncul ke permukaan.

Baca Juga:   Menaker Ida: Kemnaker Terus Dorong Pengusaha Terapkan Struktur dan Skala Upah

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Related Articles

Back to top button