Olahraga

Persis Solo Tetap Waspadai Kekuatan Barito Putera Meski Tanpa Mike Ott

Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

LiveNews – Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, melihat Barito Putera sebagai tim berbeda pada Liga 1 2023-2024. Laskar Antasari tetap kuat meski Mike Ott absen pada perjumpaan di Stadion Demang Lehman, Minggu (3/9/23).

Persis Solo punya kenangan manis di Stadion Demang Lehman yang terletak di kecamatan Martapura, Kabupaten Banjarmasin. Laskar Sambernyawa pernah meraih kemenangan penting di markas Barito Putera.

Kemenangan itu terjadi pada Liga 1 2022-2023 lalu. Persis Solo menang dengan skor 3-2 berkat brace Alexis Messidoro dan sebiji gol Sutanto Tan.

Namun nyatanya, kemenangan itu sudah tak diingat-ingat lagi menuju laga pekan ke-11 Liga 1 2023-2024, pada Minggu malam. Leonardo Medina menilai Barito Putera sudah berbeda.

Mereka bukan tim papan bawah seperti musim lalu. Skuat besutan Rahmad Darmawan mengawali Liga 1 2023-2024 dengan 17 poin dari 10 laga atau unggul 5 poin dari Persis Solo.

“Musim kemarin kita menang di sini. Saya mengingat hal itu. Tapi musim sudah berbeda. Ketika kamu bicara tentang pemain asing, sekarang Barito punya pemain asing yang berkualitas,” kata Leo Medina, Sabtu (2/9/23).

Situasi itu yang membuat Persis Solo perlu waspada. Meski Barito Putera tak diperkuat Mike Ott yang absen karena akumulasi kartu kuning, Barito Putera punya deretan nama yang bisa menggantikan.

Begitu pula ketika Bagas Kaffa absen karena mengalami cedera di Piala AFF U-23 2023. Barito Putera masih memiliki sosok Hasyim kipuw yang berpengalaman di Liga Indonesia.

“Laga ini berbeda (dari musim lalu) karena Barito sudah improve banyak. Mereka memperkuat tim dengan pemain asing dan lokal bagus,” jelas Leo Medina.

Baca Juga:   Akane Yamaguchi Mundur dari BWF World Tour Finals, Peluang untuk Gregoria?

“Saya pikir kita harus melakukan hal pintar dalam pertandingan nanti karena Barito memulai musim ini dengan lebih bagus,” lanjut Leo Medina yang kini sudah fasih berbahasa Indonesia.

Sebelum bertolak ke Banjarmasin, Persis Solo fokus pada recovery pemain. Leo Medina menilai pertandingan melawan PSM Makassar di Parepare cukup melelahkan.

Tak kalah penting adalah sektor penyerangan. Dalam dua laga tandang sebelumnya, Persis Solo tak mencetak gol meski memiliki deretan peluang emas.

“Selain recovery, kita harus mengerjakan aspek lain, khususnya di menyerang, set piece dan finishing. Kita tahu harus mencetak gol. Kita bekerja keras di finishing,” ungkap Leo Medina.

Ditambahkan gelandang Persis Solo, Sutanto Tan, masa persiapan dirasa sudah berjalan maksimal. Para pemain dalam kondisi baik untuk bertempur melawan Barito Putera.

“Kita sudah siap. Kita kesini untuk menang. Kita sudah menjalankan instruksi dari pelatih selama masa persiapan. Sekarang tinggal waktunya kita membuktikan di pertandingan,” tegas Sutanto Tan.

Laga pekan ke-11 Liga 1 2023-2024 ini bakal menarik karena mempertemukan dua bek tengah asal Filipina. Persis Solo punya Diego Bardanca dan Barito Putera punya Carli de Murga.

Sejauh ini Carli de Murga lebih menjanjikan karena tampil delapan kali tanpa diganti. Namun Bardanca juga perlahan bangkit setelah mencetak gol ke gawang Bali United.

Salah satu keputusan Leo Medina yang layak dinantikan adalah pengisi sektor gelandang sayap kiri. Irfan Jauhari dipastikan mengakhiri Liga 1 2023-2024 lebih cepat karena cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL).

Keberadaan Ramadhan Sananta memungkinkan Persis Solo memaksimalkan pola 4-3-3. Persis Solo butuh kemenangan untuk meraih posisi yang lebih baik di klasemen Liga 1 2023-2024.

Related Articles

Back to top button