Bisnis

Pertamina Beberkan Temuan Baru Kasus Sumur Warga Gunung Sindur Tercemar BBM

LiveNews – PT Pertamina Patra Niaga membeberkan perkembangan kasus air warga Gunung Sindur, Kabupaten Bogor yang tercampur BBM. Dugaan awal, air warga Gunung Sindur tercampur dengan BBM jenis Pertalite.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan menjelaskan, setelah mengirimkan tim dan dilakukan investigasi, doitemukan bahwa posisi sumur lebih tinggi dibanding penyimpanan BBM SPBU.

Atas temuan itu, pihaknya juga telah memberhentikan sementara penyaluran BBM di SPBU tersebut dan melakukan investasi lanjutan.

“Lalu dilakukan investigasi yang lebih luas untuk melihat apakah ada potensi-potensi yang tadi kita diskusikan bersama-sama terkait dengan penimbunan,” ujar Riva dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen Senayan Rabu (13/9/2023).

Baca Juga:Jangan Lupa! Harga BBM Pertamax Sudah Naik, Jadi Segini

Riva menuturkan, kekinian pihaknya akan terus memelototi temuan-temuan yang ada dilapangan. Dari beberapa sumur, baru satur sumur yang terkontaminasi air warga.

“Dan BBM-nya ini memang jernih, jadi tidak terlihat bahwa ini ada kebocoran, ataupun memang ada rembesan. Tapi ini memang BBM-nya sendiri kalau diambil bersama-sama Puslabfor kemarin itu jernih sekali BBM-nya,” imbuh dia.

Sebelumnya, Sejumlah sumur milik warga Desa Pengasinan, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor tercemar oleh BBM yang diduga berasal dari SPBU terdekat.

Kasi Dalops Satpol PP Kabupaten Bogor, Rama Kodara menyebut, kejadian itu diketahui saat ada aduan warga, dan viralnya sebuah video di media sosial yang mempertontonkan BBM yang keluar dari kran air milik warga bernama Rizky.

“Satpol PP Kabupaten Bogor Melanjutkan peninjauan kerumah pihak terdampak. Di lokasi tersebut didapati bahwa benar air sumur sudah tercampur dengan BBM,” kata Rama, Kamis 7 September 2023.

Baca Juga:   Murni Buat Kurangi Impor LPG, Menteri ESDM Bantah Bagi-bagi Rice Cooker Gratis Kebijakan Politis

Baca Juga:Harga Minyak Dunia Mendidih, Harga BBM di RI Berpotensi Naik Lagi

Satpol-PP Kabupaten Bogor bersama Muspika Kecamatan Gunung Sindur kemudian melakukan mediasi antara pihak terdampak dan SPBU setempat yang diduga sumbur BBM nya bocor.

Usai mediasi, ternyata betul, BBM tersebut berasal dari SPBU yang ada di jalan Serpong-Parung itu. Pihak SPBU mengaku akan menutup sementara SPBU tersebut.

“Sudah menerima dari perwakilan warga yang terdampak dan dalam waktu dekat akan melakukan kajian teknis terkait dugaan kebocoran sumur tangki milik SPBU tersebut,” papar dia.

Related Articles

Back to top button