Bisnis

Perusahaan TV Milik Hary Tanoe Tayangkan Ganjar saat Adzan, Kampanye Pro-PDIP?

LiveNews – Bekas Gubernur Jawa Tengah yang kini dicalonkan sebagai presiden oleh PDIP, Ganjar Pranowo membikin kontroversi. Ganjar Pranowo muncul dalam tayangan adzan Maghrib di televisi.

Daftar TV yang tayangkan adzan Ganjar ini pun disurati oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Stasiun TV tersebut adalah RCTI yang merupakan bagian dari MNC Group. 

Perusahaan media tersebut diketahui dimiliki oleh Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo. Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan, adzan yang menampilkan Ganjar akan muncul di stasiun televisi lain milik MNC Group. Pada Juni 2023 lalu, Perindo secara resmi mendeklarasikan diri akan mendukung Ganjar Pranowo dalam kontestasi politik 2024. 

Dalam tayangan adzan tersebut, Ganjar terlihat dalam satu adegan sholat dengan mengenakan baju putih, kopyah hitam, serta sarung batik. Dia tampak berbaur dengan jemaah lain. 

Baca Juga:Sebut Eks Wakapolri Gatot Eddy Bakal Menangkan Ganjar, Hasto PDIP Sindir Tim Kampanye Capres Lain Dibentuk Pakai Bujukan

“Kami minta segera klarifikasi Lembaga Penyiaran yang menayangkan (video adzan Ganjar). Kami sudah mengirimkan surat tinggal nunggu respons dari pihak lembaga penyiaran,” ujar Komisioner bidang Pengawasan Isi Siaran KPI Aliyah pada Sabtu (9/9/2023).

Namun pihak KPI belum bisa memastikan potensi pelanggaran yang dilakukan stasiun televisi dengan tayangan azan Ganjar tersebut. KPI menegaskan pihaknya tengah melakukan pengkajian.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menyebut kemunculan Ganjar dalam video adzan bukan bagian dari politik identitas. Hal itu karena Ganjar memang benar-benar dinilai sebagai sosok religius.

“Bukan (politik identitas), karena dari sisi Pak Ganjar Pranowo merupakan sosok yang religius, religiusitasnya tidak dibuat-buat,” ucap Hasto di Jakarta pada Sabtu (9/9/2023).

Baca Juga:   Dituding KPPU Monopoli Bunga Mencekik, Asosiasi Pinjol Tak Terima dan Marah

Hasto menilai ajakan Ganjar pada masyarakat untuk taat beribadah merupakan hal positif. Oleh karenanya Hasto meminta tampilan spiritualitas tak langsung dikaitkan dengan politik identitas. “Jangan menampilkan identitas yang menunjukkan spritualitas sebagai bangsa lalu dikatakan politik identitas,” tegas Hasto.

Baca Juga:Momen Sujud Ganjar Pranowo Saat Tayangan Adzan di TV Jadi Sorotan, Hidung Tak Sentuh Lantai

Hasto bahkan mengklaim religiusitas Ganjar tak perlu diragukan karena terlihat dari pribadinya yang rajin beribadah dan santun. Selain itu menurut Hasto, religiusitas juga terlihat dari keluarga Ganjar dan istrinya Siti Atiqah yang berasal kalangan pesantren.

Related Articles

Back to top button