Nasional

Pimpinan Hamas Tewas Dirudal Israel, Kerap Serang Pakai Bom Bunuh Diri

LiveNews – Pemimpin militan Palestina Hamas, Ayman Younis, dikabarkan tewas setelah terkena serangan udara pasukan Israel. Jenazahnya ditemukan tewas di bawah reruntuhan rumahnya pada Minggu (8/10/2023). Kematiannya juga sudah dikonfirmasi oleh Kementerian Kesehatan Gaza.

Selama ini, Ayman Younis dikenal banyak berperan dalam penyerangan Hamas ke Israel. Di antaranya melakukan bom bunuh diri, serangan roket, dan perang gerilya.

Sebagai pemimpin Hamas, Younis juga bertanggung jawab atas operasi militer, politik, dan administratif di Palestina. 

Kronologi Tewasnya Ayman Younis

Baca Juga:Gelar Salat Ashar di Depan Kedubes AS, Massa Aksi Solidaritas Palestina Berburu Air Mineral untuk Wudhu

Sejak hari Sabtu (7/10/2023), Israel telah mengirimkan serangan balasan kepada Palestina. Ini setelah Hamas meluncurkan lebih dari 2.000 roket ke Israel.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) kemudian mengirim jet tempurnya dengan menargetkan 200 titik di wilayah Gaza. Khususnya pada tempat-tempat yang menjadi lokasi perkumpulan pasukan Hamas.

Sasaran serangan udara Israel ini merupakan lingkungan Rimal dan Khan, daerah pesisir pantai yang dipadati dengan penduduk.

IDF juga menyebut telah menyerang infrastruktur teror Jihad Islam di Khas Yunis, di mana lokasi itu biasa dimanfaatkan oleh Hamas untuk menyimpan senjata.

Jet tempur milik Israel juga menyasar lokasi tempat tinggal dan pusat komando operasi pasukan Hamas. Salah satunya untuk menghancurkan rumah Younis. Alhasil, serangan IDF tak hanya menewaskan Younis, tetapi juga beberapa anggota keluarganya.

Baca Juga:Gelar Demo di Depan Kedubes AS Dukung Aksi Hamas, Massa Solidaritas Siap Berangkat ke Palestina

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza menyebut bahwa sampai kini, warga di Palestina yang tewas mencapai 704 orang. Jumlah itu termasuk 143 anak-anak dan 105 wanita.

Baca Juga:   Detik-detik Kakek Amir 4 Kali Ditembaki Peluru Gotri usai Pergoki Komplotan Maling di Pulogadung

Sementara itu, Badan otoritas Israel berjanji akan terus menjalankan Operasi Pedang Besi sampai pasukan Hamas berhasil dilumpuhkan dan diusir dari Gaza.

Kini, Israel telah memutus aliran listrik, bahan bakar, dan stok persediaan makanan ke Gaza. Masyarakat sipil juga sudah diimbau untuk meninggalkan wilayah Gaza.

Profil Ayman Younis

Ayman Younis adalah seorang petinggi Hamas. Ia dan beberapa anggota keluarganya meninggal karena serangan udara yang dikaitkan dengan Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Ayman ditemukan tewas dari reruntuhan di kediamannya.

Diketahui, Ayman Younis terlahir di lingkungan yang ditandai dengan kekacauan politik. Pengalaman hidup itu diduga berperan dalam membentuk masa depannya, khususnya hingga dipercaya menjadi pemimpin Hamas.

Rincian terkait dengan pendidikan dan kehidupan keluarganya masih terbatas. Namun diketahui peran dan tanggung jawab Ayman mencakup tugas militer, politik atau administratif. Sedangkan cara kerja Hamas dilakukan secara rahasia.

Keterlibatan Ayman menjadikan dirinya dikenal selama melawan Israel Terlebih ia sudah pernah melakukan operasi bom bunuh diri, serangan roket dan bentuk perang gerilya terhadap Israel.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Related Articles

Back to top button