Nasional

Polda Jatim Kerahkan 3.276 Personel di GBT saat Timnas Indonesia Vs Maroko

LiveNews – Polda Jawa Timur mengerahkan 3.276 personel gabungan untuk penjagaan di kawasan Stadion Gelora Bung Tomo pada Kamis (16/11/2023). Pada Kamis, bakal digelar laga pamungkas Grup A Piala Dunia U-17 antara Timnas Indonesia menghadapi Timnas Maroko.

Skema pengamanan tengah dipersiapkan guna menjamin kenyamanan penonton dan kelancaran.

“Pengamanan stadion berjumlah 2.886 terdiri dari TNI dan Polri kemudian pemerintah daerah (pemda) dan stakeholder terkait,” kata Kepala Biro Operasi Polda Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Puji Santoso di Kota Surabaya, Rabu (15/11/2023).

Kemudian 349 personel sisanya kata dia, diterjunkan untuk mengamankan lokasi pemberhentian shuttle bus menuju lokasi pertandingan.

Setidaknya terdapat enam titik lokasi pemberhentian shuttle bus yang dibuka untuk mengakomodasi penumpang, yakni Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Tandes, Terminal Benowo, Terminal Osowilangun, Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), Balai Kota, dan Ciputra World.

Pengawasan di sana dilakukan oleh kepolisian, TNI, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya.

“Pasukan itu untuk pengamanan rute di lokasi bus menuju ke GBT, kemudian di lokasi hotel-hotel,” ujarnya.

Puji menjelaskan pengawasan di titik pemberangkatan untuk mencegah adanya oknum suporter yang membawa barang-barang terlarang, seperti mencegah adanya suporter yang membawa minum keras dan tidak bertiket.

Sedangkan untuk alur kepulangan, Puji mengatakan Polda Jawa Timur sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya dan panitia di stadion untuk membuat skema antisipasi penumpukan suporter.

Hal itu dikarenakan, kata dia, penumpukan penonton berpotensi muncul saat rampungnya pertandingan.

“Kami koordinasikan dengan pihak di sana, jadi dibuatkan tanda atau mungkin di bus yang dipakai suporter diberikan tulisan tujuan masing-masing,” ucapnya.

Puji menambahkan kepolisian dan TNI juga siap menerjunkan bantuan moda transportasi untuk mengangkut penumpang dari stadion GBT menuju titik pemberangkatan awal.

Baca Juga:   Bakal Ada Perwakilan Milenial Atau Gen Z Isi Posisi Pimpinan Tim Pemenangan Ganjar di Pilpres 2024, Siapa?

“Kami siapkan 25 kendaraan dari TNI dan Polri,” kata dia.

Dia berharap pertandingan antara “Garuda Muda” menghadapi Maroko yang juga laga penentuan itu bisa berjalan aman.

“Semoga besok saat pertandingan semuanya lancar,” tutur Puji. (Antara)

Related Articles

Back to top button