Bisnis

Presiden Jokowi Hasilkan Kerja Sama Lebih Dari Rp 500 Triliun dari KTT ASEAN, Ketum Hipmi: Fantastis

LiveNews – Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Akbar Himawan Buchari mengapresiasi Presiden Joko Widodo saat memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN. Selain menghasilkan lebih dari Rp 500 triliun, Jokowi juga berhasil mengharumkan Indonesia di panggung dunia.

Akbar menilai, Indonesia sebagai Keketuaan ASEAN 2023 berjalan sukses. Pertama, soal ekonomi. KTT ASEAN mendapat 93 proyek kerja sama senilai 38,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp 586 triliun dari penyelenggaraan ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF).

“Pak Jokowi telah bekerja keras tahun ini, tepatnya ketika Indonesia menjadi Ketua ASEAN 2023. Menurut saya, nilai kerja sama ini cukup fantastis. Semoga kerja sama ini terealisasi dengan baik, sehingga rakyat mendapat hasilnya,” ujar Akbar ditulis Sabtu (9/9/2023).

Sekadar informasi. Kerja sama AIPF digagas agar sektor swasta dan publik di kawasan Indo-Pasifik ASEAN bisa saling bekerja sama untuk menghasilkan proyek-proyek investasi di kawasan Indo-Pasifik.

Baca Juga:Pejabat Joget Hingga Anak PM Kanada Curi Perhatian, Ini Deretan Momen Menarik Gala Dinner KTT ASEAN 2023

Di antaranya seperti pengembangan energi baru terbarukan, hidrogen, amonia, kilang alumina, rantai pasok baterai, serta infrastruktur jalan tol dan pelabuhan.

Akbar menyebut Jokowi konsisten menyuarakan kepentingan negara Indo-Pasifik, dan negara berkembang lainnya, termasuk Indonesia.

“Karena sudah menjadi hak suatu negara untuk memakmurkan rakyatnya. Salah satunya dengan program hilirisasi yang sedang digalakkan Pemerintah,” katanya.

Bukan hanya di sektor ekonomi, keamanan dan kemanusiaan juga tak lepas dari perbincangan selama KTT ASEAN berlangsung. Akbar mengapresiasi sikap Jokowi yang berani menyuarakan stabilitas dan perdamaian.

Menurutnya, kedua hal tersebut merupakan kunci kemakmuran. Lagipula, saat ini merupakan eranya kolaborasi dan kerja sama. 

Baca Juga:   Memakan Biaya Rp 115,88 Miliar, Begini Progres Penataan dan Renovasi JCC

Baca Juga:Wapres AS Kamalla Harris Puji Gala Diner KTT ASEAN: Melebihi Hollywood

Ada hal menarik lain dalam penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN. Akbar menyebut, Jokowi mampu mengharumkan Indonesia di panggung dunia. Buktinya, selain dari ASEAN, pemimpin negara mitra seperti Amerika Serikat, China, yang saat ini menjadi kutub ekonomi dunia datang, dan memuji Keketuaan Indonesia.

Related Articles

Back to top button