Bisnis

Profil dan Perjalanan Karir Pin Harris, Konglomerat Petinggi Freeport Hingga AirAsia

LiveNews – Belum lama ini, ramai diperbincangkan di ranah media sosial, pernikahan megah antara pasangan crazy rich asal Surabaya, yakni Ryan Harris dan Gwen Ashley. 

Sosok ayah Ryan Harris lantas banyak membuat publik penasaran. Ryan Harris adalah anak Pin Harris. Sosok ini memiliki latar belakang sebagai mantan petinggi maskapai penerbangan asal Malaysia yang kini beroperasi di Indonesia, yaitu AirAsia.

Berdasarkan Laporan Tahunan dan Laporan Keberlanjutan PT AirAsia Indonesia Tbk. tahun 2021, Pin Harris adalah eks komisaris perusahaan yang mengundurkan diri pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada 25 Mei 2021.

Selain jabatan Komisaris di AirAsia, Pin Harris yang merupakan lulusan sarjana di bidang Manajemen Keuangan di Universitas Surabaya (UBAYA) itu pernah menjabat sebagai CEO di PT Matra Unikatama sejak tahun 2003 dan Direktur PT Unichem Chandi Indonesia sejak tahun 2017.

Sosok 54 tahun itu juga memiliki karir mentereng diantaranya sebagai Marketing Assistant di PT Unichem Chandi Indonesia pada periode 1997-1999. Dalam waktu itu, ia turut berperan di PT NNT (Newmont Nusa Tenggara), PT Pertamina (Persero), PT Chevron Pacific Indonesia, dan PT Freeport Indonesia, yang semuanya merupakan bisnis usaha keluarga di sektor pertambangan.

Sebelumnya, putra Pin Harris yakni Ryan Harris mencuri perhatian karena mengundang artis terkenal dalam negeri dan mancanegara seperti Raisa, Via Vallen, Lyodra, Brian McFadden mantan personel Westlife, Nicole Scherzinger, dan Keith Duffy. 

Baca Juga:   Gulirkan Rp 3,3 Miliar, Ganjar Resmikan Pasar Bawang Sengon di Brebes Pasca Revitalisasi

Related Articles

Back to top button