Nasional

Profil Kiai Kholil As’ad: Anak Pendiri NU yang Perintahkan Cak Imin Jadi Cawapres Anies

LiveNews – Nama Kiai Kholil As’ad muncul di tengah majunya Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai bakal cawapres Anies Baswedan.

Dalam acara deklarasi bacapres-bacawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/9/2023) lalu, Cak Imin mengungkapkan kalau dirinya sudah diperintahkan Kiai Kholl As’ad untuk mendampingi Anies Baswedan sejak 2021 lalu.

“Saya dipanggil, ‘Muhaimin, menurut saya kamu harus berpasangan dengan Anies Baswedan’,” kenang Cak Imin.

Ia mengaku, ketika itu dirinya tertegun dan belum bisa memberikan jawaban pada Kiai Kholil As’ad mengenai permintaan itu.

Baca Juga:Baru Dideklarasikan Cawapres, Ini Kasus yang Pernah Catut Cak Imin: Ada Kardus Durian

Lantas siapakah sosok Kiai Kholil As’ad yang sempat membuat Cak Imin terbungkam dengan permintaannya untuk mendapingi Anies Baswedan? Berikut ulasannya.

Profil Kiai Kholil As’ad

Kiai Kholil As’ad merupakan putra dari salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Raden As’ad Syamsul Arifin.

Kiai Kholil merupakan seorang ulama besar kelahiran Mekkah yang sangat disegani oleh para Nahdliyin. Sosoknya juga dikenal sebagai pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Wali Songo di Kecamatan Panji, kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Kiai Kholil juga pernah menuntut ilmu di Mekkah dan kembali ke Indonesia pada 1991. Setahun kemudian, ia dinikahkan dengan Ning Nur Waqiyah Sufyan, putri dari KH Ahmad Sufyan Miftahul Arifin.

Baca Juga:Anies: Surya Paloh Tak Menolak AHY Jadi Bacawapres, Tapi…

Dari pernikahan tersebut, Kiai Klolil As’ad dikaruniai 10 orang anak, yakni tujuh laki-laki dan tiga perempuan.

Setahun setelah menikah, Kiai Kholil mendirikan Ponpes Wali Songo hingga kini.

Langganan dikunjungi tokoh politik

Baca Juga:   Saya Juga Foto Bereng Cak Imin!

Sebagai salah satu ulama NU yang disegani, Kiai Kholil As’ad kerapkali disambangi sejumlah tokoh dan petinggi politik sebagai tempat berdiskusi.

Di antara mereka yang pernah bertemu langsung dengan Kiai Kholil As’ad adalah Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Prabowo pernah beberapa kali bertemu dengan Kiai Khoilil As’ad. Di antaranya pada 2018 silam di kediaman Habib Ahmad Albahar, di Banyuwangi, Jawa Timur.

Ketika itu, Prabowo meminta restu Kiai Kholil As’ad untuk maju sebagai calon presiden di Pilpres 2019.

Pada Mei 2022 lalu, Prabowo kembali berkunjung ke Ponpes Wali Songo pada hari kedua Idul Fitri. Dalam kesempatan itu, ia juga bertemu dengan ulama di Jatim lainnya, seperti Kiai Ahmad Muzakki Syah, pimpinan Ponpes Al-Qodri, Jember.

Selain Prabowo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, juga pernah menemui Kiai As’ad di ponpesnya pada Januari 2023.

Sebelum itu, Sandiaga sudah empat kali bertemu dengan Kiai Kholil As’ad. Dalam pertemuan kelimanya itu, Sandiaga mengatakan, Kiai Kholil berpesan pada dirinya agar tak ada perpecahan jelang Pemilu 2024.

Dan belum lama ini, tepatnya 7 Agustus 2023, giliran Anies Baswedan yang menemui Kiai Kholil As’ad di Ponpes Wali Songo. Dalam kesempatan itu, Anies didoakan oleh istri Kiai Kholil As;ad

Ketika ditanya awak media, Anies mengaku dirinya selalu menyempatkan diri bertemu Kiai Kholil As’ad setiap kali berkunjung ke Situbondo.

Ia juga mengaku selalu menamui Kiai Kholil, jika pendiri Ponpes Wali Songo itu sedang berada di Jakarta.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Related Articles

Back to top button