Bisnis

Profil Yunarto Wijaya, Direktur Charta Politica yang Diisukan Dukung Prabowo

LiveNews – Foto Yunarto Wijaya bersama calon presiden Prabowo Subianto tersebar di dunia maya. Siapa Yunarto Wijaya? Dia adalah Direktur Eksekutif Charta Politica, sebuah lembaga konsultan politik berbasis data.

Tersebarnya foto tersebut membuat sejumlah orang meragukan kredibilitas Yunarto Wijaya sebagai analis politik, apalagi jelang tahun pemilu di mana suhu politik Indonesia semakin memanas. 

Dia pun mengklarifikasi foto tersebut lewat akun Twitter atau X @yunartowijaya. Dia menegaskan bakal menolak jika diminta membantu Prabowo untuk memenangkan Pemilu 2024. Alasannya, Yunarto tidak mau mendukung dinasti politik yang mengusung keluarga Presiden Joko Widodo.

“Maaf saya harus twit klarifikasi sblm off dari dunia maya.. Sedang disebar foto saya dgn prabowo, itu adalah foto bulan Februari saat saya diajak ketemu beliau, diminta bantu & saya menolak… Dan tidak akan mungkin saya bantu pasangan yg lahir dari keputusan MK seperti itu…”

Sebelumnya, Yunarto juga mengungkapkan dirinya akan rehat dari aktivitas bersosial media.

“Saya izin pamit tidak bermain socmed dulu sementara waktu… Semoga pemilu betul-betul bisa berjalan sesuai dengan cita-cita demokrasi yang kita gaungkan bersama saat reformasi… maaf kalo kemarin-kemarin ada twit saya yg membuat sebagian tidak berkenan,” ungkap dia. 

Profil Yunarto Wijaya

Kiprah Yunarto Wijaya bersama Charta Politica sudah berjalan cukup lama. Padahal sebelumnya Yunarto bekerja di industri perbankan. Dia menyelesaikan pendidikan di Jurusan Hubungan Internasional FISIP Universitas Katolik Parahyangan Bandung dengan predikat Cum Laude dan lulus sebagai lulusan terbaik pada tahun 2004.

Semasa kuliah, Yunarto Wijaya dikenal aktif terlibat dalam serangkaian kegiatan kemahasiswaan baik internal maupun eksternal, diantaranya sebagai Ketua Delegasi Universitas Parahyangan pada Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional (PNMHI) di Yogyakarta tahun 2001 dan 2002, sebagai Wakil Ketua International Relations Expo (Intrex) pada tahun 2002, ataupun sebagai koordinator Bidang Pendidikan dan Advokasi di Unit Studi Ilmu Kemasyarakatan (USIK) Universitas Parahyangan.

Baca Juga:   Meski Operasional Mundur, Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dibanderol Rp 250 Ribu Sekali Jalan

Pada tahun 2007, Yunarto Wijaya melanjutkan studinya di Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, dan menjadi lulusan terbaik dengan predikat Cum Laude pada tahun 2009 melalui tesis marketing politik yang mendalami “Pengaruh ‘Personal Branding’ terhadap ‘Brand Association’ dari Partai Politik”.

Awal kariernya dimulai dengan menjadi entrepreneur melalui usaha restoran pribadi, di daerah Kelapa Gading, Jakarta Timur, pada medio 2003. Usaha ini dirintisnya sembari kuliah.

Setelah menamatkan kuliahnya, bisnis kuliner yang dijalaninya semakin berkembang. Namun hal ini tidak dirasa cukup, sehingga pada 2007 Yunarto memutuskan untuk bergabung dengan Citibank Indonesia sebagai seorang professional banker.

Tak lama setelah bekerja sebagai seorang Banker, Yunarto ditawari oleh mantan dosennya di Universitas Katolik Parahyangan untuk bergabung dengan Charta Politika, disinilah karier Yunarto Wijaya mulai dibangun hingga akhirnya menjadi Direktur Eksekutif Charta Politika.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Related Articles

Back to top button