Olahraga

PSIS Belum Bahas Transfer Wiljan Pluim, Pilih Fokus ke Barito Putera

PSIS Semarang belum mau membahas rumor merapatnya Wiljan Pluim karena berupaya keluar dari efek negatif setelah kalah dalam derbi Jawa Tengah di Liga 1 2023-2024.

LiveNews – PSIS Semarang belum mau membahas rumor merapatnya Wiljan Pluim karena berupaya keluar dari efek negatif setelah kalah dalam derbi Jawa Tengah di Liga 1 2023-2024.

Wiljan Pluim menjadi nama yang meramaikan rumor bursa transfer menuju tengah musim Liga 1 2023-2024. Pluim disinyalir segera mencari pelabuhan baru setelah kondisi absen dalam beberapa laga bersama PSM.

Ada beberapa klub yang dikaitkan dengan Wiljan Pluim, seperti Dewa United, Persis Solo, Persib Bandung dan PSIS Semarang. Dari empat klub itu, PSIS punya peluang paling besar menampung Pluim.

Pluim bisa mengisi slot asing bebas andai Vitinho benar-benar dicoret. Winger asal Brasil itu mulai kalah pamor dari Paulo Gali Freitas yang sama-sama bertugas di posisi sayap kanan.

Namun begitu, opsi ini belum dibahas PSIS Semarang. Mereka fokus penuh menatap laga pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 melawan Barito Putera, Jumat (22/9/23) malam.

Bagi PSIS, kemenangan atas Barito Putera lebih penting pada akhir September ini. Tiga poin akan menjadi pengobat luka setelah efek negatif yang ditimbulkan dari kekalahan atas Persis Solo 2-0, Sabtu (16/9/23) lalu.

“Setelah kami kalah lawan Persis Solo, mentalitas turun, tetapi pemain sudah mempersiapkan diri dengan baik. Mengembalikan hal itu dan siap untuk melawan Barito,” kata pelatih PSIS, Gilbert Agius, Kamis (21/9/23) malam.

Gilbert Agius menilai performa melawan Persis Solo sejatinya sesuai rencana. Tim mampu membuat banyak peluang untuk mencetak gol.

Sayangnya, penyelesaian akhir benar-benar tidak bagus. Situasi bertambah sulit ketika gawang Persis Solo sudah dijaga kiper setangguh Muhammad Riyandi.

Baca Juga:   Top 5 News: Ibrahimovic Jadi Pelatih AC Milan, PSSI Beri Hukuman ke Wasit

“Evaluasi, ya tentu hasil tidak bagus, tapi penampilan para pemain adalah pengecualian. Kami bisa menciptakan beberapa peluang dan Persis Solo akhirnya cetak gol dua gol, sementara kami tidak bisa memanfaatkan peluang,” ungkap Gilbert Agius.

Gilbert Agius menyadari Barito Putera bukan tim papan bawah seperti musim lalu. Bayu Pradana dkk. menjelma menjadi tim super tangguh pada musim 2023-2024.

Barito Putera meraih 15 poin di partai kandang dan lima poin di partai tandang. Mereka pernah menang ketika menghajar Arema FC 4-0 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

“Pertandingan yang sulit, tapi kami akan berusaha. Bermain di kandang bisa menguntungkan dengan dukungan suporter, hasil harus baik,” tegas Gilbert Agius.

Dalam laga ini, PSIS tak diperkuat Alfeandra Dewangga, Haykal Alhafiz dan Adi Satryo yang gabung Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022.

PSIS memiliki opsi lain sebagai pengganti peran ketiganya. Gilbert Agius yakin para pemain bisa menjaga identitas permainan PSIS saat melawan Barito Putera.

“Setelah 12 pertandingan kami sudah punya identitas. Kami tidak akan mengubah permainan kami, sistem bermain kami, hanya karena 1-2 (pemain). Tim tidak akan mengganti (cara bermain), memberikan yang terbaik untuk komposisi yang ada,” papar Gilbert Agius.

Ditambahkan bek PSIS, Lucas Gama, para pemain sudah siap untuk bangkit memberikan yang terbaik dalam laga pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 melawan Barito Putera.

“Kami melakukan 100 persen saat masa persiapan untuk pertandingan ini dan bermain di rumah. Kami percaya bisa menang,” ucap Lucas Gama.

Kemenangan bisa membuat kedua tim semakin kuat di posisi atas Liga 1 2023-2024. Barito Putera kini ada di posisi ketiga dengan 20 poin dan PSIS ada di posisi kelima dengan 18 poin.

Baca Juga:   Jadwal Liga 2 Hari Ini: Big Match FC Bekasi City vs PSIM Yogyakarta

Jika PSIS gagal menang di Stadion Jatidiri Semarang, desakan mengganti satu pemain asing pada putaran kedua Liga 1 2023-2024 bakal semakin kuat. 

Kandidat lain selain Wiljan Pluim adalah gelandang Phnom Penh Crown, Rafael Andres Nieto. Namun pemain asal Kolombia ini masih punya kontrak hingga pertengahan 2024 dengan Phnom Penh Crown.

Related Articles

Back to top button