Hiburan

RA Kartini jadi pahlawan nasional favorit Frislly Herlind

RA Kartini dapat menjadi acuan bagi para generasi muda agar berani bersuara.

Jakarta (LiveNews) – Aktris Frislly Herlind mengatakan bahwa pahlawan nasional favoritnya adalah RA Kartini karena merupakan sosok yang memberi keberanian bagi siapa pun untuk menyuarakan pendapat.

“Ibu RA Kartini itu aku suka banget. Amazed (terpukau) sama cerita tentang beliau, gimana caranya dia meyakinkan banyak orang kalau perempuan atau siapa pun itu bebas untuk bersuara,” kata Frislly Herlind dalam kunjungannya ke Kantor LiveNews di Jakarta Pusat, Kamis.

Frislly Herlind mengaku sering mendengar kisah-kisah tentang RA Kartini, baik mengenai perjuangannya untuk hak-hak perempuan, hingga upaya Kartini untuk memperjuangkan kebebasan berpendapat. Oleh karena itu, ia juga berpandangan bahwa sosok RA Kartini dapat menjadi acuan bagi para generasi muda agar berani bersuara.

“Sampai saat ini, dengan berkembangnya media sosial, ternyata masih banyak orang yang takut untuk bersuara,” kata Frislly Herlind.

Baca juga: MPR: Perjuangan Kartini jadi energi wujudkan cita-cita perempuan

Akan tetapi, tutur Frislly Herlind melanjutkan, ketika seseorang menyadari bahwa berani menyuarakan pendapat dan sudut pandang masing-masing adalah hal yang penting dan dibutuhkan, maka nilai-nilai perjuangan yang ditunjukkan oleh Kartini akan memberi tambahan keberanian.

“Menurutku, sih, gitu, mendapat tambahan power (kekuatan). Extra power (kekuatan tambahan) dari beliau,” kata Frislly.

Sementara itu, lawan main Frislly pada film “Perjamuan Iblis” Putri Ayudya menjadikan Soeharsikin, istri pahlawan nasional Tjokroaminoto, dan Presiden Ketiga Republik Indonesia BJ Habibie sebagai tokoh inspiratif yang dapat menjadi panutan bagi generasi muda.

Bagi Putri, Soeharsikin merupakan salah satu contoh dari pahlawan yang tidak terlihat, yang berhasil mendampingi Tjokroaminoto hingga menjadi sosok yang berpengaruh.

Sedangkan, terkait dengan BJ Habibie, Putri mengagumi kontribusi Habibie untuk pendidikan Indonesia.

Baca Juga:   Simak lima fakta menarik serial Korea "Wonderful World"

“Menurutku, Pak Habibie adalah salah satu orang yang memperjuangkan pendidikan di Indonesia,” ucap Putri.

Baca juga: Triyangningsih idolakan sosok RA Kartini

Baca juga: Esensi pemikiran dari RA Kartini emansipasi bagi kaum minoritas

Baca juga: Cara Frislly Herlind bangun ikatan dengan karakter di film barunya

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Natisha Andarningtyas

Related Articles

Back to top button