Bisnis

Relawan SandiUno Berikan Pelatihan Hingga Pendampingan Bagi Ratusan UMKM Semarang Untuk Go Digital Hingga Halal

LiveNews – Relawan Sandiaga Uno terus berupaya meningkatkan komitmennya ke penjuru daerah, khususnya di Kota Semarang dalam mengembangkan potensi UMKM. Salah satunya lewat pendampingan bagi ratusan pelaku usaha untuk go digital hingga sertifikat halal.

Dalam hal ini relawan Sahabat Sandi Uno mengadakan Workshop Kewirausahaan mengenai digital marketing sebagai agar UMKM di Semarang dapat naik kelas dan membantu perizinan usaha.

Pasalnya, para pengusaha tidak perlu takut lagi untuk membuka bisnis baru, karena harus direpotkan dengan perizinan yang berbelit-belit.

Perwakilan UMKM Sahabat Sandi Uno Kota Semarang, Esti Ginting, mengatakan program pelatihan ini sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha dalam membantu memproses perizinan bisnisnya.

Baca Juga:Warga Bali Antusias Sambut Layanan Klinik KI Bergerak

Ia pun menerangkan UMKM saat ini sudah banyak melakukan pemasaran secara digital untuk menangkap jaringan konsumen yang semakin luas.

“Kita menerima masukan dari UMKM di Semarang mengeluhkan untuk perizinan itu harus menunggu kouta, dalam hal ini kita memberikan perizinan langsung didaftarkan secara gratis. Untuk digital marketing UMKM sudah mulai menggunakannya, karena pelaku ekonomi kreatif membutuhkan pemasaran yang dilakukan berupa online,” kata Esti ditulis Sabtu (2/9/2023).

Adapun tata cara UMKM melakukan izin usaha, pertama NIB bisa diakses Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) dari pemerintah, kedua makanan kering lewat Izin Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT), dan ketiga makanan olahan dapat melalui perizinan BPOM.

Melalui Workshop Kewirausahaan ini, relawan Sahabat Sandi Uno melajukan fokus Sandiaga dalam mewujudkan 4,4 juta lapangan pekerjaan baru melalui pertumbuhan UMKM.

Esti menjelaskan para peserta yang hadir kali ini ada yang belum memiliki usaha, sehingga tujuannya dapat meningkatkan minat dalam berwirausaha.

Baca Juga:   Komunitas Mlijo di Malang Berharap Ada Program Khusus Pedagang Sayur

Baca Juga:Lewat 1 Jam Bersama Menkumham, Yasonna Ajak UMKM Bali Melek Hak Kekayaan Intelektual

“Pak Sandi sangat mendukung kami selama ini untuk lebih maju, karena fokus tujuan utama dari beliau menciptakan 4,4 juta lapangan pekerjaan. Jadi Pak Sandi terus berusaha mendukung pelaku UMKM membuka lapangan kerja melalui bertumbuhnya UMKM baru,” terang Esti.

Related Articles

Back to top button