Tekno

Resmi Diluncurkan, Berikut Spesifikasi dan Harga iPad Pro 2024

Foto: Apple

LiveNews – Apple resmi meluncurkan versi terbaru iPad yakni iPad Pro 2024 dalam acara “Let Loose” pada hari Selasa (07/05/2024). Kedatangan perangkat generasi ke-7 ini menandai pembaruan pertama untuk iPad sejak tahun 2022.

Berbagai fitur baru pun diperkenalkan dalam acara ini termasuk chip M4 baru, bentuk yang “terasa lebih tipis dan ringan”, layar OLED yang superior, dan aksesori yang telah ditingkatkan.

“Kami tidak hanya akan mendorong batas-batas iPad, kami akan menghancurkannya,” kata Senior Vice President Apple John Ternus dalam acara tersebut.

Lantas bagaimana spesifikasi dan harga iPad Pro 2024 ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

Spesfifikasi iPad Pro 2024

iPad Pro 2024 tersedia dalam dua ukuran yakni model 13 inch dan 11 inch dengan dua pilihan warna Silver dan Space Black. Layar yang digunakan adalah Ultra Retina XDR Display yang diklaim dapat menyajikan warna hitam sempurna, saturasi lebih kaya, dan kontras yang ditingkatkan.

Selain itu, iPad Pro 2024 digadang-gadang menjadi perangkat tertipis yang pernah dibuat Apple. iPad Pro versi 13 inch memiliki ketebalan 5,1 mm dan berat 444 gram. Sementara versi 11 inch memiliki ketebalan 5,5 mm dan berat 580 gram. Perubahan signifikan dari generasi sebelumnya yang masing-masing memiliki ketebalan 6,4 mm dan 5,9 mm.

Foto: Apple

Perangkat ini juga menggunakan teknologi OLED Tandem yang memungkinkan pengguna menikmati visual yang memukau dari layar dengan kecerahan hingga 1.000 nits dan 1.600 nits untuk konten HDR.

Apple pun mengadopsi kaca bertekstur nano guna menjaga kualitas dan kontras gambar sekaligus menghamburkan cahaya sekitar untuk mengurangi silau.

Baca juga: Beredar Bocoran iPhone 16 Pro, Lebih Besar dan Punya Tombol Baru

Penggunaan Chip M4

Salah satu daya tarik utama dalam peluncuran iPad Pro 2024 ini adalah chip yang digunakan, yakni M4. Chip ini adalah inovasi terbaru dari Apple yang menjanjikan “kinerja hingga 50% lebih cepat” dibandingkan chip M2 pada generasi sebelumnya.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak Berbunyi

M4 dibangun dari arsitekur GPU generasi terbaru dari M3 yang memuat fitur-fitur canggih seperti ray tracing yang dipercepat dan pngalokasikan penggunaan memori lokal secara real time dalam Dynamic Catching. Selain itu, pengguna juga dapat merasakan proses rendering 4x lebih cepat dibandingkan M2.

Foto: Apple

M4 juga memiliki fitur Neural Engine paling kuat yang pernah ada. Ia mampu melakukan 38 triliun operasi per detik, yang 60x lebih cepat daripada Neural Engine pertama Apple di chip A11 Bionic.

Dikombinasikan dengan akselerator ML generasi terbaru di CPU, GPU berkinerja tinggi, bandwidth memori yang lebih besar membuat Neural Engine iPad Pro menjadi perangkat yang sangat kuat untuk operasi AI. Pengguna dapat melakukan tugas-tugas yang didukung AI dengan lebih cepat.

Baca Juga: Akhirnya! Apple Akan Tambahkan AI pada Browser Safari

Kamera 

iPad Pro 2024 memiliki kamera belakang 12MP yang dapat menangkap gambar dan video Smart HDR yang lebih hidup dengan warna dan tekstur yang lebih baik, serta detail dalam kondisi minim cahaya. Kamera ini juga dilengkapi dengan lampu kilat True Tone adaptif.

Foto: Apple

Dengan menggunakan AI, iPad Pro dapat mengidentifikasi hasil jepretan kamera secara langsung. Jika ada bayangan yang menghalangi, iPad Pro langsung mengambil beberapa foto dengan lampu kilat adaptif dan menggabungkannya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Apple Pencil yang Ditingkatkan

Bicara tentang aksesoris, bukan Apple jika tak menyertakan aksesoris pada perangkat iPad-nya. Pada peluncuran iPad Pro 2024 ini, Apple juga mengumumkan hadirnya Apple Pencil Pro. Apple Pencil Pro memiliki sensor baru yang dapat merasakan tekanan pengguna, memunculkan palet alat untuk mengganti alat, bobot garis, dan warna dengan cepat. Selain itu, ada mesin haptic yang memberikan konfirmasi ketika pengguna menekan, menggunakan ketukan dua kali, atau menggunakan Smart Shape.

Baca Juga:   Ini 5 Link Resmi Beli E-Meterai , Mudah dan Lengkap untuk Peserta Seleksi CASN 2023!

Foto: Apple

Selain itu, ada juga Magic Keyboard baru yang lebih tipis dan portabel. Magic Keyboard dapat digunakan untuk mengakses fitur seperti kecerahan layar dan kontrol volume. Ia juga memiliki palm rest aluminium dan trackpad lebih besar yang diklaim lebih responsif dengan umpan balik haptic, sehingga seluruh pengalaman terasa seperti menggunakan MacBook.

Harga iPad Pro 2024

Setelah membaca spesifikasi iPad Pro 2024 yang luar biasa itu, kira-kira berapa harga perangkat baru Apple tersebut? Berikut daftar harga iPad Pro 2024:

– iPad Pro 2024 11″ (WiFi) mulai dari USD 999 atau Rp 16 juta

– iPad Pro 2024 11″ (WiFi + Seluler) mulai dari USD 1.199 atau Rp 19,2 juta

– 
iPad Pro 2024 13″ (WiFi) mulai dari USD 1.299 atau Rp 20,8 juta

– 
iPad Pro 2024 13″ (WiFi + Seluler) mulai dari USD 1.499 atau Rp 24,1 juta

Apple Pencil Pro dijual terpisah dengan harga USD 129 atau Rp 2 juta. Sedangkan Magic Keyboard dijual dengan harga USD 299 atau Rp 4,8 juta untuk ukuran 11 inch dan USD 349 atau Rp 5,6 juta untuk ukuran 13 inch.

Pengguna sudah bisa memesan perangkat baru ini dari tanggal 7 Mei dan akan mulai dijual di toko Apple pada 15 Mei mendatang. 

Baca Berita dan Artikel Lainnya di Google News

(kar)

Related Articles

Back to top button