Tekno

Samsung Perkenalkan Generative AI Besutannya, Namanya Samsung Gauss

Foto: SamMobile

LiveNews – Samsung baru saja memperkenalkan model kecerdasan buatan (AI) generatif terbarunya yang diberi nama Samsung Gauss. Pengumuman ini dilakukan pada acara Samsung AI Forum 2023 yang diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan pada Rabu (7/11/2023). Samsung Gauss, yang dikembangkan oleh divisi Samsung Research, merupakan saingan baru bagi model AI generatif terkenal seperti ChatGPT dan Dall-E yang dikembangkan oleh OpenAI.

Apa itu Samsung Gauss?

Model AI generatif adalah jenis AI yang mampu menghasilkan konten secara otomatis, termasuk teks, gambar, audio, dan data sintetis. ChatGPT dan Dall-E adalah contoh populer dari model AI generatif yang telah ada sebelumnya.

Kenapa Namanya Samsung Gauss?

Penamaan Samsung Gauss terinspirasi dari Carl Friedrich Gauss, seorang pakar matematika yang menciptakan teori Distribusi Normal. Teori ini dianggap sebagai dasar dari teknologi AI dan machine learning (ML).

Tiga Komponen Utama Samsung Gauss

  • Samsung Gauss Language: Model AI generatif ini dapat memahami bahasa manusia dan menghasilkan jawaban. Digunakan untuk meningkatkan produktivitas dalam tugas seperti membuat email, mengedit dan merangkum dokumen, menerjemahkan bahasa, dan menulis.
  • Samsung Gauss Code: Dirancang khusus untuk pengkodean atau coding. Menampilkan asisten bernama “code.i” untuk membantu pengguna mengembangkan perangkat lunak dengan cepat dan mudah.

  • Samsung Gauss Image: Membantu proses pembuatan dan pengeditan gambar menjadi lebih mudah. Pengguna dapat mengubah gaya gambar, meningkatkan resolusi, dan menambahkan item dalam gambar.

Baca juga: Samsung atau iPhone? Merek Ini Cocok Untukmu yang Ceroboh dan Suka Jatuhkan HP

Aplikasi di Berbagai Perangkat

Semua model AI dalam Samsung Gauss dapat dijalankan di berbagai perangkat, termasuk server cloud, smartphone, tablet, dan PC komputer. Samsung menekankan perlindungan privasi pengguna dengan mematuhi prinsip etika AI.

Penggunaan Internal dan Rencana Masa Depan

Saat ini, Samsung Gauss baru digunakan secara internal untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Namun, perusahaan berencana untuk mengaplikasikannya ke berbagai produknya dalam waktu dekat, memberikan pengalaman baru kepada pengguna.

Baca juga: Waspada Produk HDC, Ini Cara Ampuh Membedakan HP Samsung Asli vs Palsu!

Spekulasi Integrasi di Galaxy S24

Meskipun belum diumumkan secara resmi, spekulasi menyebutkan kemungkinan Samsung Gauss akan diintegrasikan ke dalam smartphone Galaxy S-series generasi baru, yang diperkirakan rilis pada Januari 2024, termasuk Galaxy S24.

Meskipun rencana ini belum dikonfirmasi, wakil presiden Divisi Mobile eXperience Samsung Electronics, Daniel Araujo, telah mengumumkan rencana untuk menerapkan layanan AI generatif pada perangkat seri Galaxy mulai tahun depan. Kejelasan akan terungkap saat Samsung S24 resmi dirilis.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)

Baca Juga:   Lenovo Rilis ThinkBook Plus Twist, Laptop 2 Layar yang Bisa Diputar Kanan-kiri

Related Articles

Back to top button