Tekno

Sedang Tren di Dunia Kripto: ERC-404

Sumber foto: Freepik

ERC-404 adalah token standard di jaringan Ethereum yang masih bersifat eksperimental karena belum menjalani proses resmi Ethereum Improvement Proposal (EIP), yang merupakan prosedur standar untuk memeriksa dan mengadopsi fitur atau perubahan baru dalam ekosistem Ethereum.

ERC-404 dirancang untuk menggabungkan karakteristik token fungible (ERC-20) dan token non-fungible (ERC-721) ke dalam bentuk yang hybrid. 

Tujuan pembuatan ERC-404 adalah menyediakan likuiditas pada NFT dan memberikan fragmentasi asli pada NFT. Token ERC-404 menawarkan tingkat kepemilikan dan perdagangan yang lebih terperinci, sehingga berpotensi memperluas pasar aset digital yang bernilai tinggi dengan membuatnya dapat diakses oleh komunitas yang lebih luas.

Berikut adalah penjelasan detail tentang token ERC-404, cara kerja, keunikan, dan proyek terkini. 

1. Apa itu ERC-404 & Bagaimana Cara Kerjanya 

ERC-404 adalah sebuah eksperimen standard token yang menggabungkan jenis token ERC-20 dan ERC-721. Pada ekosistem Ethereum, kita mengenal token ETH (ERC-20) dan NFT (ERC-721). ERC-20 adalah token yang dapat saling dipertukarkan dengan yang lain dengan nilai yang sama (fungible), sedangkan NFT adalah token yang unik dan memiliki nilai yang berbeda satu sama lain (non-fungible).

Standard token ERC-404 memperkenalkan konsep semi-fungible token yang menggabungkan sifat fungible dan non-fungible. Artinya, meskipun token dapat dibagi dan diperdagangkan dalam jumlah yang lebih kecil, setiap unit tetap memiliki karakteristik unik yang dapat diidentifikasi.

ERC-404 terbentuk dengan memadukan elemen-elemen dari standard ERC-20 dan ERC-721. Sebenarnya, secara tradisional elemen tersebut tidak dirancang untuk bisa berinteraksi. Oleh karena itu, token ini masih bersifat eksperimental dan masih dalam tahap pengembangan.

Seperti yang telah dijelaskan, kamu akan mendapatkan 1 NFT ketika kamu membeli 1 token ERC-404. Artinya, kamu memiliki token ERC-20 dan NFT.

Baca Juga:   Seorang Putri Penjual Alat Tangkap, Utari Octavianty Berhasil Membangun Aruna

Token ERC-20 dalam wallet dapat diperdagangkan di bursa terdesentralisasi (DEX) seperti Uniswap. Sementara itu, NFT dapat kamu jual belikan di marketplace NFT seperti OpenSea dan Blur.

Stacy Muur dalam akun X-nya memberikan ilustrasi yang menjelaskan tentang mekanisme ERC-404 dengan mudah dipahami:

  1. Jika kamu memiliki 1 token ERC-404, lalu kamu menjual 0,5 token ERC-404, maka NFT akan di-burn.
  2. Jika kamu memiliki 0,5 token ERC-404, lalu kamu membeli lagi 0,5 token ERC-404, maka NFT akan dicetak ke wallet kamu.
  3. Lalu, jika kamu memiliki 1 token ERC-404, lalu kamu menjual NFT, maka kamu kehilangan 1 token ERC-404 karena dengan menjual 1 NFT sama juga kamu menjual 1 token ERC-404

2. Apa yang unik dari ERC-404

Pandora: Pionir ERC-404 yang Meroket

Proyek pertama yang mengadopsi standar ERC-404 yang inovatif ini adalah Pandora. Sejak diluncurkan pada tanggal 2 Februari, Pandora telah mengalami lonjakan nilai yang luar biasa, melonjak dari $4.023 menjadi $31.278 per token—kenaikan 5000% yang mengejutkan dalam waktu singkat.

Lebih lanjut, Pandora telah menarik perhatian komunitas Ethereum dan sekitarnya, dengan kapitalisasi pasar yang sekarang mencapai $244,5 juta.

Per 22 Februari 2024, token PANDORA berada di harga 17 dollar AS dengan market cap sebesar 171 juta dollar AS. Sementara NFT Replicants mencapai floor price 6,89 ETH dengan pemilik NFT sebanyak 1.448.

Dikutip dari The Block, pada peluncuran nya, 7% dari pasokan dialokasikan kepada tim dan kontributor awal. Saat peluncuran, tim membeli 23% dari total pasokan yang digunakan untuk menyediakan likuiditas ekstra melalui pembuat pasar atau penawaran token.

3. Bagaimana Potensi ERC-404

Dengan memungkinkan kepemilikan fraksional, token ERC-404 dapat secara signifikan meningkatkan likuiditas NFT. Perpaduan unik antara NFT dan ERC-20 memungkinkan beberapa penggunaan sebagai berikut:

  1. Tokenisasi Real Estate: Tokenisasi aset real estate seperti properti memungkinkan kepemilikan parsial dan akses investasi yang lebih mudah.
  2. Peluang DeFi Baru: ERC-404 membuka jalan untuk mengintegrasikan NFT parsial ke dalam protokol DeFi, memungkinkan aplikasi keuangan baru seperti lending-borrowing dan yield farming dengan NFT.
  3. Game & Metaverse: Aset dalam game seperti tanah virtual dapat dibagi dan diperdagangkan antar pemain dengan lebih efisien.
  4. Tokenisasi Saham: Saham perusahaan yang ditokenisasi dengan ERC-404 dapat berlaku sebagai hitungan bilangan bulat (dalam lot), dan juga sebagai token yang dapat dipecah.
Baca Juga:   Adobe Kembangkan AI yang Bisa Ubah Video Blur Jadi Jernih

4. Proyek-proyek ERC-404

Sejak diluncurkan, beberapa proyek telah mulai bereksperimen dengan token PANDORA. Berikut beberapa proyek yang berada dalam ekosistem ERC-404:

  • Wasabi Protocol: Platform perdagangan Wasabi Protocol telah mencantumkan PANDORA sebagai aset untuk perpetual trading.
  • Teller: Platform pinjaman Teller telah menambahkan PANDORA/USDT sebagai trading pair. Pengguna dapat menggunakannya sebagai jaminan untuk pinjaman.
  • DeFrogs: DeFrogs (DEFROGS) adalah koleksi PFP NFT pertama yang menerapkan konsep ERC-404. NFT ini bertema Pepe the Frog dengan koleksi sebanyak 10.000 NFT.
  • Non-Playable Coin: Con-Playable Coin (NPC) adalah token unik yang menggabungkan karakteristik meme coin dan NFT. Token ini tersedia di Ethereum dan Base.

Kesimpulan

ERC-404 menawarkan fleksibilitas baru dalam mendesain token di dalam blockchain Ethereum, yang bertujuan menyediakan likuiditas bagi NFT dan memfasilitasi fragmentasi asli dari NFT. Dengan inovasi tersebut, ERC-404 memiliki potensi dalam perkembangan NFT di ekosistem blockchain. Namun, perlu diingat bahwa, ERC-404 masih dalam tahap eksperimental dan belum diaudit secara resmi sehingga memiliki risiko seperti ketidakpastian,dan keamanan.

Tentang Nusa Finance

Dokumentasi: Nusa Finance

Nusa Finance adalah platform Web3 penyedia layanan keuangan terdesentralisasi terlengkap pertama dari Indonesia. Fitur unggulan Nusa adalah pasar pinjaman kripto dimana pengguna dapat meminjamkan, dan menjaminkan aset kripto untuk membantu proses trading. Nusa bertujuan untuk membuat platform Web3 mudah diakses oleh siapa saja.

Kenali Nusa Finance lebih lanjut

Penjelasan lengkap : Docs Nusa Finance

Kunjungi website : Nusa Finance

Bergabung di komunitas : Nusa Finance Indonesia 

Referensi  

Dofany. G. (2024 March 8). Membuka Kotak Pandora, Apa itu ERC-404?. Retrieved February 23, 2024.  https://pintu.co.id/academy/post/apa-itu-erc-404

Marcellova. K.  (2024 March 8). ERC-404: Tren Crypto Baru yang Menggemparkan Dunia!.  Retrieved February 11,2024.  https://pintu.co.id/news/70700-erc-404-tren-kripto-baru-yang-menggemparkan-dunia

Baca Juga:   Peta Dunia Berbasis AI Ini Bisa Bantu Atasi Masalah Iklim Dunia, Kok Bisa?

Palguna. A. (2024 March 8). Mengenal ERC-404, Token Eksperimen di Ethereum.  Retrieved February 16, 2024. https://coinvestasi.com/belajar/mengenal-erc-404-token-eksperimental-di-ethereum

Related Articles

Back to top button