Hiburan

Serikat penulis Hollywood capai kesepakatan sementara dengan studio

Jakarta (LiveNews) – Serikat penulis skenario Hollywood Writers Guild of America (WGA) mencapai kesepakatan sementara dengan studio fil yang diharapkan bisa mengakhiri aksi mogok yang berlangsung beberapa bulan belakangan.

Reuters, Senin waktu setempat, melaporkan bahwa kontrak selama tiga tahun harus disetujui oleh ketua WGA dan anggota serikat sebelum bisa berlaku efektif. WGA mengatakan kesepakatan itu adalah luar biasa dan perlindungan bagi penulis skenario.

“Ini bisa terjadi berkat solidaritas anggota WGA dan dukungan luar biasa dari serikat lainnya yang bergabung dengan batasan yang kami buat selama lebih dari 146 hari,” kata komite negosiasi WGA.

Baca juga: Penulis naskah Hollywood aksi mogok untuk kali pertama dalam 15 tahun

Kesepakatan itu masih bersifat sementara, WGA berencana membagikan rincian kontrak setelah mereka mendapatkan salinan final. Setelah itu, negosiator akan mengadakan pemungutan suara apakah kesepakatan itu akan diteruskan kepada pimpinan.

Setelah di tangan pimpinan, merekalah yang akan memutuskan apakah akan ada pemungutan suara oleh anggota terkait kontrak tersebut.

Sementara penulis mencapai kesepakatan sementara, serikat aktor SAG-AFTRA masih melakukan aksi mogok.

Laman Variety, Minggu (24/9) waktu setempat menuliskan bahwa aksi mogok masih berlangsung hingga kontrak tersebut diratifikasi. Kesepakatan sementara itu hanya mencabut batasan masuk kantor yang selama ini berlangsung.

“Untuk lebih jelas, tidak ada yang kembali bekerja sampai secara spesifik diperintahkan oleh Serikat. Kami masih mogok sampai saat itu,” kata WGA dalam pesan kepada anggota.

Penulis skenario melakukan aksi mogok hampir lima bulan, dimulai pada 2 Mei ketika negosiasi tidak mencapai titik temu. Serikat penulis skenario antara lain mempermasalahkan kompensasi, kekurangan staf dan penggunaan kecerdasan buatan.

Aksi mogok tersebut membuat sejumlah studio harus menghentikan produksi film dan serial televisi, sementara program televisi tetap siaran dengan tayangan ulang.

Baca Juga:   Bintang 'Fast And Furious' tuntut Home Depot atas dugaan rasial

Baca juga: Serikat penulis skenario Hollywood berdiskusi dengan studio

Baca juga: Film Jennifer Lopez “Unstoppable” ditunda di tengah mogok penulis

Baca juga: Snoop Dogg tunda konser untuk dukung penulis di Hollywood

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri

Related Articles

Back to top button