Tekno

Setelah Dipecat OpenAI, Sam Altman Bergabung ke Microsoft

Foto: The New York Times

LiveNews – Setelah Sam Altman secara mengejutkan dipecat dari jabatannya sebagai CEO OpenAI, kini ia bergabung dengan Microsoft bersama mantan co-founder OpenAI, Greg Brockman, yang mengundurkan diri setelah Sam Altman dipecat.


CEO Microsoft, Satya Nadella, mengumumkan secara langsung kabar tersebut melalui akun X pribadinya pada Senin (20/11/2023). Berdasarkan postingannya tersebut, Sam Altman dan Greg Brockman akan memimpin tim peneliti AI tingkat lanjut yang baru.

Bergabungnya Sam Altman ke Microsoft sekaligus membantah langsung kabar bahwa Sam Altman akan kembali menjadi CEO OpenAI. Dikutip dari laman Liputan6, tidak dijelaskan secara rinci alasan mengenai Sam Altman enggan kembali ke perusahaan yang populer karena layanan AI Generatif ChatGPT-nya tersebut.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Utama Sam Altman Dipecat dari Jabatan CEO OpenAI 

Microsoft merupakan salah satu mitra dan investor penting bagi OpenAI. Satya Nadella menegaskan bahwa pihaknya akan tetap melanjutkan kemitraan dengan OpenAI meskipun eks-bos ChatGPT telah bergabung bersamanya.

Dikutip dari laman Bisnis Tekno, tindakan yang dilakukan oleh Satya Nadella dengan merekrut Altman dan Brockman merupakan langkah strategis Microsoft untuk mencegah perusahaan teknologi besar lain memanfaatkan keahlian mereka serta memperkuat keunggulan kompetitifnya. Selain itu, langkah ini juga dilakukan untuk memperkuat pandangan positif Wall Street terhadap masa depan Microsoft.

Satya Nadella melakukan perekrutan terhadap Sam Altman hanya beberapa jam setelah dewan direksi OpenAI gagal membawa Altman kembali menjabat sebagai CEO OpenAI. Adapun posisi CEO OpenAI sementara kini dijabat oleh pendiri Twitch, Emmett Shear, yang sebelumnya posisi tersebut dijabat oleh Mira Murati.

Baca Juga:   Lebih Jernih, Resolusi Video Call Group di Google Meet Kini Bisa Full HD

Dalam rangka bergabungnya Sam Altman ke Microsoft, Nadella mengungkapkan bahwa pihaknya akan menyediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk mendukung kerja Sam Altman, Greg Brockman, serta rekan-rekannya.

Baca juga: 95 Karyawan OpenAI Ramai-ramai Ancam Mundur Buntut Dipecatnya Sam Altman 

Terkait kerja sama antara Microsoft dengan OpenAI, sebenarnya sudah dilakukan sejak lama, yaitu sejak tahun 2019, jauh sebelum layanan ChatGPT dikenal oleh masyarakat luas.

Pada tahun 2019, untuk mengembangkan layanan cloud server Microsoft Azure menggunakan teknologi OpenAI, Microsoft mengeluarkan dana sebesar 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14,9 triliun. Adapun kerja sama tersebut sempat diperpanjang pada tahun 2021 dan kembali diperpanjang di tahun 2023 selama beberapa tahun ke depan.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(sza)

Related Articles

Back to top button