Olahraga

Shin Tae-yong Bisa Girang Lihat Keberanian Persis Solo Tampilkan Zanadin Fariz

Gelandang Persis Solo, Zanadin Fariz, untuk pertama kali masuk line up sejak operasi cedera lutut pada Maret 2023.

LiveNews – Persis Solo pantas diacungi jempol ketika menahan seri Persija Jakarta dalam laga pekan ke-14 Liga 1 Indonesia 2023/24, Sabtu (30/9/23). Zanadin Fariz berani dimainkan dalam laga tensi tinggi.

Zanadin Fariz baru dua pekan ini kembali latihan setelah menepi tujuh bulan karena cedera lutut. Ia mengawali comeback dengan masuk line-up saat melawan Rans Nusantara FC, Jumat (22/9/23).

Zanadin pada akhirnya benar-benar dimainkan dalam laga tandang melawan Persija Jakarta. Dia masuk menggantikan Althaf Indie Fahrezi pada  menit ke-73.

Saat masuk lapangan, situasi pertandingan sedang dalam tensi tinggi. Wasit Nendi Rohaendi sudah menebar kartu ke kedua kubu, termasuk kartu merah untuk Jaimerson Xavier.

Yang menggembirakan, Zanadin sudah berani berduel pada aksi pertamanya setelah dibekap cedera parah. Dia terlibat kontak fisik dengan skuat Macan Kemayoran dalam beberapa kesempatan.

Zanadin Fariz dan sembilan pemain lain pada akhirnya sukses mengamankan satu poin. Dua gol Persis Solo dicetak Sutanto Tan pada menit ke-32 dan Althaf Indie (50′).

Sementara gol Persija dicetak Oliver Bias pada menit ke-2 dan Aji Kusuma (80′). Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, mengungkapkan alasan memainkan Zanadin Fariz.

“Zanadin kembali ke lapangan setelah enam sampai tujuh bulan tidak merumput karena cedera. Di pertandingan ini dia bermain bagus, yakin, keras, dan berani. Sungguh pemain muda yang top,” kata Leo Medina usai laga.

Leonardo Medina bakal terus memberi kepercayaan pada Zanadin Fariz, sama seperti Muhammad Riyandi yang tak tergantikan dalam tiga partai terakhir.

Namun, Zanadin perlu menjalani proses yang bertahap. 17 menit pada penampilan perdananya menjadi bekal untuk menit bermain yang lebih banyak pada pertandingan selanjutnya.

Baca Juga:   Fans MU Siap Kecewa, Ten Hag Beri Sinyal Tak Bakal Datangkan Evan Ferguson

“Saya tidak perlu memberikan banyak menit bermain karena memang dia masih dalam proses recovery,” tutur Zanadin Fariz.

Sementara itu, kegembiraan turut diungkapkan Zanadin Fariz. Dia mengatakan laga ini sudah dinanti-nanti setelah menjalani masa pemulihan cukup lama.

“Pastinya senang, selama penantian tujuh bulan akhirnya kembali bisa main, walaupun tidak penuh, tapi ya tetap menjadi pelajaran buat ke depannya. Semoga saja bisa lebih baik lagi,” jelas Zanadin Fariz.

Terbuka kemungkinan Zanadin akan diberikan menit bermain lagi. Dia merupakan salah satu gelandang agresif yang pandai dalam mengatur transisi permainan.

Pada laga pekan ke-15 Liga 1 2023/24, Persis Solo akan menyambangi markas Persikabo 1973 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat (6/10/23).

Jika performa Zanadin Fariz stabil di Liga 1 2023/24, terbuka peluang Shin Tae-yong kembali meliriknya untuk timnas Indonesia U-23.

Di skuat Garuda Muda ada Arkhan Fikri yang menjadi rekan seangkatan Zanadin dari timnas U-20, sementara Piala Asia U-23 2024 baru dimulai pada April tahun depan.

Selain Zanadin Fariz, Persis Solo juga punya Althaf Indie Fahrezi yang mencetak gol perdananya di Liga 1 2023-2024. Dia baru berusia 19 tahun dan Althaf Indie 20 tahun.

Related Articles

Back to top button