Bisnis

Shopee Punya Gudang Baru Buat Simpan Produk Eskpor Para UMKM

LiveNews – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) meresmikan Gudang Ekspor Shopee terbaru yang berada di Cengkareng, Jakarta Barat. Gudang Ekspor baru ini hadir untuk memfasilitasi lebih banyak produk UMKM ekspor melalui Program Ekspor Shopee.

Kekinian, sudah lebih dari 20 juta produk UMKM lokal yang telah tergabung dalam program ekspor melalui mekanisme lintas batas dan menembus ke kawasan Asia Tenggara, Asia Timur dan Amerika Latin.

Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mendukung UMKM lokal untuk berdaya saing global dan menjadi bagian dari rantai pasok global.

“Jadi inilah yang harus ditata agar e-commerce terus berkembang, bisa mendukung UMKM agar bisa ekspor. Kalau gudangnya tambah besar, untungnya tambah banyak, pegawainya tambah banyak, artinya kita sama-sama berhasil. Maka perlu kerja sama. Terima kasih sekali lagi saya ucapkan,” ujar Mendag Zulhas yang dikutip, Rabu (30/8/2023).

Baca Juga:Menteri BUMN Apresiasi PRS BRI Berdayakan UMKM Fashion untuk Go Global

Sementara, Director and Country Head Sea Group Indonesia, Kiky Hapsari menjelaskan sebagai perusahaan teknologi, Sea Group, melalui Shopee Indonesia, merasa bangga dapat berpartisipasi aktif sebagai enabler dari perkembangan bisnis UMKM lokal menjangkau pasar global.

“Gudang ini merupakan infrastruktur penunjang dari program Ekspor yang sudah dijalankan oleh Shopee saat ini. Tadi kita bisa lihat bagaimana mudahnya proses ekspor melalui Shopee,” jelas dia.

Program Ekspor Shopee memberikan kemudahan bagi UMKM lokal untuk melakukan ekspor. Setelah mendapatkan pesanan dari pembeli di negara lain, pelaku UMKM hanya perlu mengirimkan produk mereka ke Gudang Ekspor Shopee karena proses dan operasional manajemen produk pengiriman akan dilakukan oleh Shopee ke negara tujuan ekspor.

Baca Juga:   5 Kiat Jitu Memulai Usaha Sampingan untuk Karyawan, Bikin Cuan Berlipat Ganda

Proses yang dilakukan dalam Gudang Ekspor Shopee meliputi Area Penerimaan Barang untuk Diekspor (Export Inbound Line, Inbound Area, X-Ray Area dan Label Area), Area Pengumpulan (Sorting Area, Bagging Area dan Staging Area Export), Area Pengiriman Barang untuk Diekspor (Export Outbound Line).

Shopee terus berusaha untuk menghadirkan solusi lengkap dari hulu hingga hilir untuk menciptakan UMKM lokal berdaya saing global.

Baca Juga:3 Cara Dapat Diskon Rp20 Ribu di Shopee Live Setiap Hari

Untuk meningkatkan visibilitas produk UMKM dan meningkatkan jumlah konversi penjualan, Shopee juga memberikan promo menarik bagi pembeli setiap tanggal 17 dan juga menampilkan produk-produk UMKM lokal di laman utama aplikasi Shopee melalui kanal Shopee Pilih Lokal.

“Kami berharap dengan kehadiran fasilitas baru ini dapat mempermudah lebih banyak UMKM lokal untuk bisa mengibarkan bendera Merah Putih di panggung dunia,” pungkas dia.

Related Articles

Back to top button