Nasional

Skakmat Sujiwo Tejo Soal Nikah Beda Agama

LiveNews – Ustaz Das’ad Latif baru-baru ini tampak melakukan skakmat kepada budayawan Sujiwo Tejo terkait nikah beda agama. Hal ini terjadi dalam acara diskusi bertajuk “Petuah Das’ad Kunci Dahsyat” yang digelar di salah satu stasiun televisi swasta pada Senin (25/9/2023).

Sujiwo Tejo awalnya membahas soal Mahkamah Agung yang melarang para hakim mereka untuk mengesahkan pernikahan beda agama. Persoalan itu kemudian membuat Sujiwo bertanya langsung kepada Ustaz Das’ad Latif.

Dalam pembahasannya, Ustaz Das’ad kemudian mengungkap bahwa ia juga tidak menyarankan pernikahan beda agama. Alasannya karena pernikahan beda agama tidak sesuai dengan aturan Islam. Menurutnya, pernikahan beda agama tak bisa hanya didasari karena cinta. 

“Bagi orang-orang yang beriman, dunia ini hanya sementara. Kalau saya ikuti nafsu ,‘ya yang penting saya cinta’. Harus sampai berapa lama? Paling umur 70 tahun,” jelas Ustaz Das’ad.

Baca Juga:Biodata dan Agama Sujiwo Tejo: Kena Skakmat Ustaz Das’ad Latif Soal Nikah Beda Agama

“Ketika saya meninggal dengan keadaan tidak mengikuti aturan agama, maka sial lah hidup saya di akhirat nanti,” lanjutnya.

Namun, jawaban Ustaz Das’ad ini ternyata belum membuat Sujiwo puas. Ia pun bertanya kembali soal cinta mati seseorang meskipun berbeda agama.

“Yang saya bilangin ini maksudnya cinta mati. Istilahnya bisa mati, mati itu artinya kalau gak nikah itu sama pasangan yang beda agama,” tanya Sujiwo Tejo kembali.

Tanpa ragu, Ustaz Das’ad pun akhirnya memberikan pernyataan yang membuat Sujiwo Tejo skakmat.

“Kalau memang dia betul betul cinta, mestinya dia ikut agamanya orang yang dicintai,” tegas Das’ad.

Baca Juga:Detik-detik Sujiwo Tejo Diam Disekakmat Ustaz Das’ad Latif soal Nikah Beda Agama

Baca Juga:   Kasus Ibu dan Anak Ditemukan Tewas Jadi Tengkorak di Cinere, Pesan 'To You Whom Ever' Jadi Perhatian Psikolog Forensik

Sujiwo Tejo pun sempat terdiam , sebelum akhirnya setuju dengan pernyataan Ustaz Das’ad.

Lalu, siapa sosok Ustadz Das’ad Latif sebenarnya? Simak inilah profil selengkapnya.

Profil Ustaz Da’ad Latif

Sosok Ustadz Das’ad Latif sudah dikenal masyarakat sejak tahun 2020. Ia sering mengisi acara sebagai pendakwah di berbagai stasiun TV. Pembawaan dakwahnya yang ringan diselingi humor membuat namanya makin melejit. 

Pria asal Makassar, Sulawesi Selatan ini merupakan lulusan sarjana IAIN Alauddin Makassar jurusan Peradilan Islam. Ia juga sempat menempuh pendidikan di Universitas Hasanuddin dengan mengambil jurusan Ilmu Komunikasi.

Sejauh ini, sosoknya dikenal sebagai salah satu pendakwah, akademisi, serta ulama terkenal di Indonesia. Namanya mulai dikenal saat ia didaulat sebagai pengisi acara di stasiun televisi TVOne, SCTV, dan TVRI.

Selain berdakwah, Ustaz Das’ad juga kini terdaftar sebagai dosen dengan status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di berbagai kampus, seperti Universitas Hasanuddin, Universitas Islam Makassar, dan universitas swasta lainnya.

Ustaz Das’ad kini juga menyandang gelar sebagai doktor, setelah lulus dari Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Universitas Islam Islam Makassar.

Cara Das’ad mendakwah dengan materi ringan, serta pembawaannya yang komunikatif, membuat dirinya sering diundang untuk mengisi acara-acara ceramah di berbagai televisi dan radio.

Selain itu, sosoknya juga merupakan CEO dari biro perjalanan haji dan umroh, PT Gelora Indah Pradana.

Pada awal tahun 2023 lalu, Das’ad pernah dilarikan ke rumah sakit di Singapura karena diduga menderita penyakit serius. Beruntung ia berhasil pulih dalam beberapa waktu setelahnya.

Kini, Ustaz Das’ad kembali aktif menyiarkan dakwah. Ia juga masuk menjadi salah satu pengisi acara dakwah di stasiun televisi Metro TV.

Baca Juga:   SBY Marah Dikecewakan Anies: Karma Dulu Pernah Khianati Megawati?

Kontributor : Dea Nabila

Related Articles

Back to top button