Hiburan

Sutradara Billy Aldo ungkap kisah di balik “Mencari Indonesia”

Jakarta (LiveNews) – Sutradara, penulis naskah, sekaligus aktor serial web “Mencari Indonesia” Billy Aldo mengungkapkan bahwa film dokumenter terbaru garapannya itu membutuhkan proses syuting selama 25 hari penuh untuk menangkap secara utuh keindahan alam dan keragaman budaya lima kota di Tanah Air yaitu Solo, Semarang, Surabaya, Bali dan Yogyakarta.

Film dokumenter “Mencari Indonesia” adalah karya Billy Aldo di bawah bendera BAFilms bekerja sama dengan BMW Astra yang berkisah tentang pencarian jati diri melalui eksplorasi di negeri sendiri. Selain Billy, seri dokumenter yang terbagi dalam enam episode berdurasi total sekitar 70 menit tersebut juga menampilkan Natasha Lois sebagai karakter utama.

Sosok Lois digambarkan baru saja kembali ke Indonesia setelah sebelumnya menetap dan bekerja di Amerika Serikat. Lois yang berteman akrab dengan Billy, belum dapat memutuskan apakah dirinya akan kembali ke Amerika Serikat atau menetap di Indonesia.

Baca juga: BMW Astra hadirkan serial web dokumenter perdana “Mencari Indonesia”

“Ide awal datang dari cerita asli kehidupan saya dan Lois. Lois memang sempat berkuliah di US sehingga kultur US-nya juga kuat. Sedangkan saya memang pernah membuat seri dokumenter dan seorang pembuat film. Jadi, kami mencoba untuk menyampaikan keindahan Indonesia dengan cara sederhana namun hasilnya semaksimal mungkin,” cerita Billy usai sesi pemutaran perdana “Mencari Indonesia” di Grand Indonesia, Selasa.

Billy mengatakan bahwa proses syuting “Mencari Indonesia” membutuhkan waktu selama 25 hari on the road di lima kota dengan menggunakan transportasi mobil dan pesawat terbang. Hampir keseluruhan proses syuting dilakukan hanya oleh Billy dan Lois yang secara bergantian mengoperasikan kamera dan perangkat lain.

Sesi pemutaran perdana dan jumpa media serial web dokumenter “Mencari Indonesia” produksi BMW Astra dan BAFilms di Grand Indonesia, Selasa (17/10). (LiveNews/HO/BMW Astra)

Baca juga: Astra mencari generasi muda Indonesia yang inspiratif

Baca Juga:   Danamon donasikan 67 kambing guna dukung program kewirausahaan 

“Kalau diperhatikan seluruh proyek ini dikerjakan oleh dua orang yaitu saya dan Lois yang bergantian pegang kamera dan alat-alat. Itu semangat yang ingin disampaikan yaitu ya sudah, bertualang ke luar, tangkap momentum indah sebanyak mungkin, dan eksplorasi dunia dengan kemudahan-kemudahan teknologi seperti mobil, kamera, dan lainnya,” jelas Billy.

Dari sebanyak enam episode yang telah diproduksi, Billy mengaku bahwa episode kedua “Mencari Indonesia” memiliki tingkat kesulitan paling tinggi dibandingkan episode lainnya.

“Paling menantang adalah episode kedua karena kami memiliki keterbatasan waktu hanya 5 hari di setiap kota, sedangkan saat itu kami harus mengambil banyak gambar tarian. Selain itu, kami juga harus dealing dengan banyak orang dan institusi, serta berurusan dengan logistik yang kompleks,” terang Billy.

Senada dengan Billy, aktris Natasha Lois juga beranggapan bahwa episode kedua “Mencari Indonesia” merupakan sesi produksi yang paling menantang karena dirinya mesti belajar menarikan tarian tradisional khas Solo yang terbilang sulit.

“Pada episode itu saya harus menari. Sangat menantang karena cuma 5 hari total prosesnya. Hari pertama latihan penuh dari sanggar satu ke sanggar berikutnya. Kemudian pada berikutnya mesti tampil. Benar-benar pengalaman sekali seumur hidup dan bisa manggung bersama teman-teman sanggar benar-benar keren. Terima kasih atas pengalaman ini,” jelas Lois.

Serial web “Mencari Indonesia” ditayangkan setiap hari Selasa pukul 12.00 WIB mulai 17 Oktober hingga 14 November 2023 melalui kanal Youtube BMW Astra atau melalui tautan https://bit.ly/mencariindonesia-bmwastra.

Baca juga: KBRI Singapura gugah kesadaran terhadap autisme lewat film dokumenter

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Siti Zulaikha

Related Articles

Back to top button