Tekno

Terkuak! Ternyata Ini Asal Usul Nama ‘Google’

LiveNews – Mesin pencari paling populer di dunia saat ini adalah Google. Meski banyak orang telah menggunakan platform ini, hanya sedikit dari mereka yang mengetahui bagaimana asal usul dan apa sebenarnya makna dari nama Google.

Berawal dari pertanyaan di situs Quora, “Apakah Google merupakan akronim?” membuat banyak orang membuat teori tentang asal usul nama perusahaan yang didirikan Sergey Brin dan Larry Page pada tahun 1998 ini. Salah satu teori ada yang menyebut Google sebagai singkatan dari Global Organization of Oriented Group Language of Earth. Terlihat keren, tapi itu bukanlah artinya.

Sebenarnya Google bukan singkatan melainkan plesetan dari kata Googol, suatu istilah yang diciptakan tahun 1920 oleh Milton Sirotta, ponakan matematikawan Edward Kasner yang berusia 9 tahun. Googol merujuk pada leksikon aritmatika untuk 10 yang dipangkatkan 100 atau 1 dengan 100 angka nol di belakangnya.

Baca Juga: Wow! Google Akan Berikan Beasiswa Pelatihan AI Bagi 10.000 Pelajar Indonesia

Saat itu Larry Page dan tim sedang kesulitan memilih nama perusahaan mereka. Saat sedang bertukar pikiran, seseorang menyarankan untuk menamainya Googol. Lalu, Larry bertanya pada temannya apakah domain tersebut tersedia. Namun, teman tersebut rupanya salah mengeja kata menjadi Google.

“Sean Anderson sesama mahasiswa PHD dan Larry berada di kantor mereka, menggunakan papan tulis, coba memikirkan nama yang bagus, sesuatu yang berhubungan dengan pengindeksan sejumlah besar data. Sean secara lisan menyarankan kata ‘googolplex’, dan Larry menjawab secara lisan dengan bentuk singkatnya, googol,” kata Ilmuwan komputer Stanford David Koller.

Setelah nama diputuskan, yang harus dilakukan adalah melihat apakah domain tersebut tersedia. Di sinilah Sean Anderson melakukan kesalahan besar. Sean membuat kesalahan dengan mencari nama yang dieja sebagai ‘google.com,’ yang ternyata tersedia.

Baca Juga:   Duh, AI Kini Bisa Menebak Password Hanya dari Suara Ketikan Keyboard!

“Larry menyukai nama itu, dan dalam beberapa jam dia mengambil langkah mendaftarkan nama google.com untuk dirinya dan Sergey,” paparnya.

Akhirnya nama domain Google itu didaftarkan tertanggal 15 September 1997. Hingga saat ini, nama Google digunakan dan menjadi situs pencarian paling populer di dunia. Sebelum Google, dikabarkan Larry dan tim sempat berencana menamai mesin pencari itu Backrub, karena program tersebut menggunakan backlink.

Baca Berita dan Artikel Lainnya di Google News

(kar)

Related Articles

Back to top button