Tekno

Ternyata Umur iOS di iPhone Lebih Pendek daripada HP Android

Foto: Android Authority

LiveNews – Hingga saat ini, Apple belum mengungkapkan secara resmi durasi jaminan pembaruan perangkat lunak untuk pengguna iPhone. Namun, informasi ini baru saja terungkap.

Mengutip laporan dari Android Authority pada Kamis (6/6/2024), durasi pembaruan perangkat lunak untuk iPhone diketahui melalui regulasi Inggris tentang Keamanan Produk dan Infrastruktur Telekomunikasi (PSTI/ Product Security and Telecommunication Infrastructure Act).

Pada 29 April 2024, Undang-Undang Infrastruktur Keamanan Produk dan Telekomunikasi di Inggris (UU PSTI) mewajibkan semua perusahaan yang memproduksi, mengimpor, atau mendistribusikan perangkat yang terhubung ke internet untuk mematuhi sejumlah aturan terkait keamanan.

Regulasi ini bertujuan meningkatkan keamanan produk konsumen yang terhubung ke internet, terutama perangkat Internet of Things (IoT).

Perusahaan yang termasuk dalam kategori regulasi ini, seperti Apple, juga harus mendukung pembaruan keamanan yang diberikan.

Baca juga: Kian Mundur, iPhone Lipat Garapan Apple Akan Rilis Tahun 2027

Foto: Android Authority

Menanggapi regulasi ini, Apple baru-baru ini merilis pernyataan kepatuhan untuk iPhone 15 Pro Max, yang menyebutkan bahwa dukungan pembaruan keamanan akan berlangsung minimal lima tahun sejak pasokan pertama, yaitu sejak 22 September 2023 saat seri iPhone 15 mulai dijual.

Menurut regulasi tersebut, periode dukungan yang diberikan merupakan durasi minimum.

Apple menegaskan akan menyediakan pembaruan keamanan setidaknya hingga September 2028.

Namun, informasi ini menunjukkan bahwa durasi dukungan Apple lebih pendek dibandingkan beberapa perangkat Android. Samsung dan Google, misalnya, kini menjamin pembaruan keamanan hingga tujuh tahun.

Meskipun terlihat bahwa Android lebih unggul dalam hal durasi dukungan, ini tidak berarti Apple hanya akan memberikan pembaruan perangkat lunak selama lima tahun. Pada kenyataannya, Apple seringkali memberikan dukungan update software keamana yang lebih panjang.

Baca Juga:   TikTok Diblokir AS: Benarkah Gara-gara Konten Pro-Palestina?

Apple juga menegaskan kepada pemerintah Inggris bahwa mereka akan memberikan pembaruan keamanan untuk iPhone 15 setidaknya selama lima tahun sejak tanggal peluncurannya.

Baca juga: Game “Harvest Moon: Home Sweet Home” Segera Hadir di Android dan iOS

Google dan Samsung beri pembaruan OS yang lebih tahan lama

Pernyataan Apple ini menarik perhatian Dave Kleidermacher, Vice President of Engineering for Android Security and Privacy di Google.

Melalui unggahan di akun LinkedIn pribadinya, ia menyatakan bahwa Apple kini tidak lagi menawarkan pembaruan keamanan terbaik di industri.

Google dan Samsung memberikan jaminan pembaruan OS yang lebih lama, yaitu hingga tujuh tahun, dengan fokus pada pembaruan keamanan.

Namun, sebagaimana dilansir oleh teknologi.id dari KompasTekno pada Senin (10/06/2024) mengutip GSM Arena, ada kemungkinan Apple tetap memberikan pembaruan OS dan keamanan lebih dari lima tahun. Sebagai contoh, iPhone 6s yang dirilis pada 2015 masih menerima pembaruan iOS 15 yang dirilis pada 2021.

Apple juga menekankan bahwa pernyataan mereka merujuk pada “dukungan minimal”, bukan “dukungan maksimal”.

Indikasi ini membuat banyak pihak percaya bahwa masa jaminan pembaruan OS dan keamanan iPhone bisa lebih dari lima tahun.

Dengan demikian, pengguna iPhone yang lebih lama tidak perlu terlalu khawatir selama mereka masih menerima pembaruan OS dan keamanan dari Apple.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ny)

Related Articles

Back to top button