Tekno

Terobosan Baru! AI Google Bisa Prediksi Banjir Dari 7 Hari Sebelumnya


Foto: NewsBytes

LiveNews – Tak henti-hentinya berinovasi, kali ini AI Google bisa prediksi banjir bahkan 7 hari sebelumnya. Teknologi ini tentu akan sangat bermanfaat bagi Indonesia, mengingat negara ini sering diterjang banjir bahkan hampir di seluruh wilayah. 

Teknologi ini menggunakan kecerdasan buatan (AI) yang dilatih dengan berbagai data relevan, seperti data sejarah banjir, curah hujan, elevasi tanah, dan citra satelit. Dengan data tersebut, AI dapat mempelajari pola dan ciri-ciri yang terkait dengan terjadinya banjir. 

Bagaimana Cara AI Google Memprediksi Banjir?

ai google
Foto: Google

AI Google ini bekerja dengan beberapa langkah yang cukup kompleks dan dirancang sedemikian rupa hingga dapat digunakan dengan efektif. Langkah-langkah tersebut seperti: 

1. Pengumpulan Data

AI Google mengumpulkan data dari berbagai sumber, seperti: 

  • Data historis banjir dari pemerintah dan organisasi terkait.
  • Data curah hujan dari stasiun cuaca dan satelit. 
  • Data elevasi tanah dari peta digital. 
  • Citra satelit yang menunjukkan kondisi permukaan tanah dan vegetasi. 

2. Pelatihan AI

Data-data tersebut kemudian digunakan untuk melatih AI Google. Proses ini melibatka algoritma machine learning yang kompleks untuk membantu AI mempelajari pola dan ciri-ciri yang terkait dengan terjadinya banjir. 

3. Prediksi Banjir

Setelah AI terlatih, maka AI dapat memprediksi kemungkinan terjadinya banjir di suatu wilayah. Prediksi ini dapat dilakukan hingga 7 hari sebelumnya, sehingga memberikan waktu bagi masyarakat untuk bersiap dan melakukan evaluasi. 

Manfaat Prediksi Banjir dengan AI Google

Lantas, mengapa kita perlu memprediksi terjadinya banjir dengan AI Google? Berikut adalah beberapa di antaranya: 

  • Memberikan peringatan dini kepada masyarakat sehingga mereka dapat bersiap dan melakukan evakuasi. 
  • Membantu pemerintah dan organisasi terkait dalam mengelola dan menanggulangi bencana banjir. 
  • Mengurangi kerugian materi dan jiwa akibat banjir. 
Baca Juga:   Panduan Lengkap Spesifikasi Sony Xperia 1 VI 7 & Harganya, Simak Sebelum Beli!

Meskipun teknologi AI Google ini sangat menjanjikan, masih ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi, seperti: 

  • Akurasi prediksi AI masih perlu ditingkatkan agar dapat memberikan informasi yang lebih terpercaya kepada masyarakat. 
  • Ketersediaan dan akses data yang berkualitas masih menjadi kendala di beberapa wilayah. 
  • Masyarakat perlu diedukasi tentang cara memahami dan menggunakan informasi prediksi banjir di AI. 

Dampak Positif AI Google Bisa Prediksi Banjir

Banjir
Foto: Unsplash.com

Teknologi ini memiliki potensi untuk memberikan dampak positif yang signifikan, terutama untuk BMKG (Badan Meteorologi dan Geofisika) Indonesia, salah satunya untuk memprediksi potensi curah hujan yang berpotensi banjir. Dampak positif lainnya dari penggunaan AI Google untuk memprediksi banjir, yaitu: 

  • Meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan banjir dengan mengetahui prediksi sebelumnya. 
  • Mempercepat evakuasi dengan adanya peringatan dini dari AI, sehingga dapat menyelamatkan lebih banyak nyawa. 
  • Dengan mengetahui prediksi banjir, pemerintah dan organisasi terkait dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi infrastruktur penting. 
  • AI dapat membantu pemerintah dan organisasi terkait dalam mengalokasikan sumber daya secara lebih efisien untuk penanggulangan bencana. 

Google terus mengembangkan teknologi AI prediksi banjir ini untuk meningkatkan akurasi, jangkauan, dan kegunaannya. Fokus yang Google kembangkan, antara lain: 

  1. Meningkatkan akurasi prediksi: Google menggunakan berbagai teknik machine learning dan deep learning untuk meningkatkan akurasi prediksi banjir. 
  2. Memperluas jangkauan: Google bekerja sama dengan berbagai pemerintah dan organisasi di seluruh dunia untuk menyediakan prediksi banjir di wilayah yang lebih luas. 
  3. Mengembangkan fitur dan aplikasi baru: Google mengembangkan fitur dan aplikasi baru untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam menghadapi banjir. 

Selain itu, kolaborasi dengan berbagai pihak seperti akademisi, lembaga penelitian, dan NGO (Organisasi Non-Profit) diharapkan dapat semakin mempercepat pengembangan dan implementasi teknologi ini.

Baca Juga:   Fitur Baru Facebook Resmi Dirilis, 1 Akun Bisa Bikin 5 Profil

Teknologi AI Google untuk memprediksi banjir merupakan sebuah terobosan yang dapat membantu mengurangi dampak bencana banjir. Dengan pengembangan dan implementasi yang tepat, teknologi ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan pemerintah. 

Di masa depan, diharapkan teknologi AI Google ini dapat menjadi alat penting dalam mewujudkan mitigasi bencana banjir yang lebih efektif dan menyeluruh. Indonesia juga dapat turut mengeksplorasi AI ini untuk dimanfaatkan secara optimal. Nantinya, pemerintah dapat memberikan informasi lebih dini tentang prediksi terjadinya banjir kepada masyarakat luas, terutama di daerah-daerah yang rawan banjir. 


Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Related Articles

Back to top button