Tekno

TikTok Shop Kini Berganti Nama Menjadi Shop Tokopedia, Ini Alasannya

Foto: detikFinance

LiveNews – Pada tanggal 27 Maret lalu, TikTok telah menyelesaikan migrasi sistem elektronik TikTok Shop ke platform Tokopedia. Dengan demikian, sekarang semua operasi TikTok Shop sepenuhnya dikelola oleh Tokopedia dan berganti nama menjadi Shop Tokopedia.

Perubahan ini terjadi setelah akuisisi TikTok terhadap Tokopedia dengan nilai investasi lebih dari 1,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 23,4 triliun.

Akuisisi tersebut membawa bersama bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia di bawah naungan PT Tokopedia.

1. Penyesuaian dengan Regulasi Pemerintah

Migrasi ini dilakukan sebagai respons terhadap Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 yang mengatur tentang bisnis perdagangan melalui sistem elektronik. Menurut regulasi ini, platform social commerce seperti TikTok hanya diperbolehkan untuk memfasilitasi promosi barang dan jasa, bukan melakukan transaksi jual-beli secara langsung. Ini berarti TikTok Shop tidak lagi dapat melakukan transaksi langsung di platformnya.

2. Proses Migrasi yang Telah Rampung

Presiden Tokopedia, Melissa Siska Juminto, mengkonfirmasi bahwa proses migrasi TikTok Shop ke Tokopedia telah selesai sesuai dengan regulasi pemerintah. Semua aktivitas pembayaran, transaksi, dan pengelolaan pengguna serta pedagang kini sepenuhnya dikelola oleh Tokopedia. Melissa menekankan bahwa proses pembayaran kini dilakukan melalui sistem Tokopedia, dengan semua transaksi yang tercatat dan dikelola secara elektronik.

3. Perlindungan Data Pengguna dan Pemisahan Identitas

Melissa memastikan bahwa tidak ada lagi penyalahgunaan data atau penguasaan data yang mengganggu persaingan sehat. Tokopedia telah memisahkan identitas pengguna TikTok dan TikTok Shop serta menyediakan fitur privasi yang memungkinkan pengguna untuk mengatur personalisasi data. Hal ini membantu melindungi privasi pengguna dan memastikan bahwa data digunakan sesuai dengan keinginan mereka.
Penutup

Baca juga: Lebaran Sebentar Lagi, Cek Langkah Mudah Top Up E-Toll via Tokopedia!

Meskipun pemisahan sistem elektronik TikTok Shop ke Tokopedia terjadi di belakang layar, pengguna akan melihat banner yang memberitahukan bahwa layanan Shop sekarang dikelola oleh Tokopedia. Ini merupakan langkah penting dalam menyesuaikan operasi TikTok Shop dengan regulasi pemerintah dan menjaga keamanan serta privasi pengguna. Dengan demikian, Shop Tokopedia siap melayani pengguna dengan lebih baik di masa mendatang.

Baca Juga:   Xiaomi Resmi Rilis Redmi Pad SE di Indonesia: Cek Harga dan Speknya!

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)

Related Articles

Back to top button