Nasional

Tiru PDIP Punya Tokoh Sentral, Keluarga Jokowi Disebut Bakal Ikut Kaesang Gabung PSI

LiveNews – Pengamat politik Hendri Satrio menduga keluarga Presiden Joko Widodo alias Jokowi akan mengikuti jejak sang putra bungsu, Kaesang Pangarep bergabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Salah satu tujuannya adalah demi menjadi tokoh sentral partai lambang bunga mawar itu.

Menurut Hendri, PSI dipilih menjadi partai baru keluarga Jokowi lantaran memang belum punya tokoh sentral. Hal ini berbeda dengan PDIP, partai Jokowi saat ini yang sudah memiliki Megawati Soekarnoputri beserta keluarganya.

“Ya bisa jadi (keluarga Jokowi masuk PSI). Kalau ke PDIP kan ada bu Mega, PSI kan kosong. Nggak ada tokoh sentralnya. Belum gede kalaupun ada. Jadi keluarga Jokowi masuk situ bisa jadi tokoh sentral,” ujar Hendri saat dikonfirmasi, Minggu (24/9/2023).

Selain itu, ia menyebut Jokowi sudah memiliki kecocokan tersendiri dengan PSI. Partai lambang bunga mawar itu kerap menyebut tegak lurus dengan Presiden RI ketujuh itu.

Baca Juga:Profil dan Biodata Kaesang Pangarep, Anak Jokowi Putuskan Terjun ke Politik Gabung PSI

“Ya dengan begitu Kaesang lebih memilih PSI walaupun partai kecil gitu, ibaratnya rumah mereka sendiri, PDIP kan rumah keluarga besar mega bukan keluarga Jokowi,” ucapnya.

Lebih lanjut, Hendri menilai masuknya Kaesang akan memberikan dampak elektoral positif pada partai lambang bunga mawar itu. Para pendukung Jokowi juga bisa memberikan dukungannya pada Kaesang.

“Ya masuknya kaesang ke PSI ini kan, PSI dapet suntikan penguasa yang real gitu ya, apapun itu kan Kaesang anaknya pak jokowi,” ucapnya.

Apalagi, jika nantinya Kaesang benar diangkat menjadi Ketua Umum. Ia meyakini PSI akan menjadi partai yang tak boleh diremehkan dalam pemilu dan akan mengancam partai gurem dengan suara menengah.

Baca Juga:   Tak Mau Disalahkan atas Serangan RS di Gaza, Tentara Israel Lempar Tudingan ke Hamas

“Jadi apabila Kaesang jadi ketua umumnya PSI mesti dipertimbangkan sebagai calon kuat yang nembus Senayan, jadi kan buat partai politik yang nyaris gak lolos senayan tahun 2019 lalu PPP dan PAN, anda dikuntit PSI nih,” terangnya.

Baca Juga:Usai Resmi Bergabung, PSI Depok Yakin Jalan Kaesang Jadi Wali Kota Depok Makin Mulus

Kaesang Pangarep resmi masuk PSI. (Suarasurakarta.id/Ari Welianto)

Sebelumnya, Kaesang Pangarep akhirnya resmi jadi kader Partai Solidaritas Indonesia. Sejumlah petinggi DPP PSI, Sabtu (23/9/2023) hari ini berada d kediaman pribadi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jalan Kutai Utara Nomor 1, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Kedatangan pimpinan PSI ini disebut-sebut untuk menyerahkan Kartu Tanda Anggota (KTA) kepada Kaesang Pangarep.

Dikutip LiveNews dari Suarasurakarta.id, Kaesang bersama istri, Erina S Gudono baru saja tiba di Solo dari Jakarta sekitar pukul 11.30 WIB.

Tampak Ketua Umum PSI Giring Ganesha bersama jajaran DPP PSI tiba di kediaman Sumber sekitar pukul 12.00 WIB.

Tampak pula Sekjen PSI Isyana Bagus Oka, Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, dan Ketua Dewan Pembina PSI Jeffry Geovani.

“Ada lima orang dari DPP PSI yang datang termasuk Ketua Umum PSI Giring Ganesha. Lima orang daftar ini yang yang kami terima,” ujar Ketua DPD PSI Solo, Antonius Yogo Prabowo saat ditemui, Sabtu (23/9/2023).

Hanya saja, Yogo masih menutup maksud dan tujuan kedatangan petinggi DPP PSI bertemu Kaesang di kediaman pribadi Jokowi.

“Saya nunggu ya. Biar surprise nanti saja setelah masuk,” katanya.

Related Articles

Back to top button