Bisnis

Viral Bank Eror, Uang Puluhan Juta Keluar dari ATM Meski Rekening Tabungan Kosong

LiveNews – Nasabah mendadak berbondong-bondong menghampiri mesin ATM Bank of Ireland (BoI) setelah bank mengalami gangguan sistem yang mengakibatkan nasabah dapat menarik uang hingga puluhan juta rupiah meskipun saldo tabungan kosong.

The Irish Times melaporkan bahwa BoI tiba-tiba mengalami masalah teknis yang memungkinkan nasabah tanpa saldo cukup untuk melakukan transfer hingga 1.000 euro atau setara dengan Rp16,6 juta ke akun bank terkait seperti Revolut.

Sejumlah foto beredar di media sosial yang memperlihatkan antrian panjang di beberapa mesin ATM setelah BoI menghadapi kesalahan teknis ini. Bahkan, polisi di Irlandia mengkonfirmasi adanya peningkatan aktivitas yang tidak biasa terjadi di berbagai mesin ATM di seluruh negeri.

Sebagai tanggapan terhadap insiden ini, pihak BoI menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang telah terjadi.

Baca Juga:Ditahan di Rutan Bareskrim, Intip Aset-aset Tak Masuk Akal Milik Panji Gumilang

“Dengan tulus kami meminta maaf atas ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh gangguan ini. Kami menyadari bahwa pelayanan yang kami berikan jauh di bawah standar yang diharapkan oleh nasabah kami,” tulis BoI dalam keterangan resminya yang juga disampaikan dalam akun media sosialnya, dikutip pada Kamis (17/8/2023).

BoI menegaskan bahwa dana yang telah ditransfer dan ditarik oleh nasabah yang melebihi batas normal akan didebit dari rekening mereka.

Lebih lanjut, BoI juga mengumumkan bahwa saat ini layanannya telah pulih dan berjalan seperti biasa.

“Pada hari sebelumnya, kami mengalami masalah teknis yang memengaruhi beberapa layanan Bank of Ireland. Tim kami berhasil memulihkan layanan ini dalam semalam dan saat ini semua layanan telah tersedia bagi pelanggan,” begitu bunyi pernyataan resmi BoI seperti yang dikutip oleh Reuters.

Baca Juga:   Suparno Djasmin Terpilih lagi jadi Bos IMA 2023-2026

Terkait hal ini, Menteri Keuangan Irlandia, Michael McGrath, telah mengajukan permintaan kepada bank sentral agar membuat laporan terkait. Ia juga bekerja sama dengan bank sentral untuk mengurangi risiko gangguan di seluruh sektor perbankan.

Baca Juga:Bule Irlandia Penabrak Ibu-ibu di Sunset Road Terjerat Pasal Berlapis

Bank sentral menyatakan bahwa mereka sedang memantau situasi ini dengan cermat dan berkoordinasi dengan BoI untuk memastikan bahwa setiap masalah dan ketidaknyamanan yang dialami nasabah dapat segera diatasi.

Related Articles

Back to top button