Tekno

Waktunya Masyarakat Indonesia Belajar Kripto Melalui Bulan Literasi Kripto

sumber foto: Freepik

Demi membangun masa depan keuangan digital yang lebih baik khususnya pada sektor kripto, pemerintah Indonesia bersama dengan komunitas kripto mengadakan agenda tahunan untuk menyebarluaskan pengetahuan tentang blockchain dan kripto. Simak lebih lanjut untuk mengetahui secara detail agenda yang akan diselenggarakan tahun ini!

Para Pegiat Literasi Kripto di Indonesia

Saat ini di Indonesia terdapat 2 organisasi besar yang menaungi para pelaku industri kripto dan blockchain, yaitu ABI dan Aspakrindo. ABI (Asosiasi Blockchain Indonesia) merupakan organisasi non-profit yang dibentuk pada tahun 2018, anggotanya mencapai sekitar 46 berdasarkan data terakhir di tahun 2022 lalu. Sedangkan, Aspakrindo (Asosiasi Perdagangan Aset Kripto Indonesia) merupakan asosiasi yang telah mendapatkan tanda daftar dan izin dari Bappebti berdasarkan Peraturan No.5 Tahun 2019. Kedua organisasi ini kemudian melakukan merger di tahun 2023 untuk mempercepat perkembangan bursa kripto di Indonesia. 

Aspakrindo dan ABI berkomitmen untuk terus meningkatkan edukasi kripto demi mendapatkan kepercayaan dan keamanan bagi pengguna melalui kolaborasi dengan multi-stakeholders, misalnya dengan mengadakan seminar atau diskusi di berbagai kampus, serta berkolaborasi dengan regulator seperti Bursa Kripto.

Bulan Literasi Kripto, Apa itu?

Bulan Literasi Kripto (BLK) merupakan program resmi BAPPEBTI dengan kolaborasi bersama Aspakrindo dan ABI. BLK merupakan agenda tahunan yang diadakan sejak tahun 2023 untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai kripto dan teknologi blockchain. Agenda ini dilaksanakan berdasarkan tingginya minat dan animo masyarakat terhadap kripto yang dapat dilihat dari peningkatan jumlah investor dan volume transaksi kripto tiap tahunnya. Masyarakat perlu mendapat pemahaman lebih lanjut melalui sosialisasi dan pemaparan materi dalam agenda Bulan Literasi Kripto agar dapat berinvestasi secara aman dan nyaman. 

Bulan Literasi Kripto 2023

Bulan Literasi Kripto (BLK) 2023 diadakan selama satu bulan penuh, yakni pada tanggal 2 Februari hingga 28 Februari 2023. BLK 2023 diadakan di berbagai daerah Indonesia seperti Jakarta, Medan, Semarang, Surabaya dan Makassar, baik secara offline, online maupun hybrid. 

Baca Juga:   Diam-diam Instagram dan Facebook Urus Izin Social Commerce di Indonesia

Kegiatan ini berjalan dengan sukses berkat dukungan 25 anggota Aspakrindo, komunitas, institusi, serta pihak terkait perdagangan pasar fisik Aset Kripto di Indonesia. Kesuksesan acara ini semakin meningkatkan semangat komunitas untuk terus memperluas wawasan masyarakat terkait ekosistem kripto guna mendukung tumbuhnya industri aset kripto sekaligus melindungi para nasabah atau investornya.

Jangan Lewatkan Bulan Literasi Kripto 2024

Bulan Literasi Kripto hadir kembali di tahun 2024 dan sudah resmi dibuka pada tanggal 2 Mei 2024. Tahun ini Bulan Literasi Kripto mengangkat tema “Menjelajahi Dunia Kripto: Membangun Masa Depan Keuangan Digital”. 

Dengan tema ini, BLK 2024 mengajak pemerintah serta masyarakat Indonesia dalam membuka gerbang literasi dan pemahaman terhadap teknologi blockchain dan aset kripto, demi mewujudkan masa depan keuangan digital yang inklusif dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Sama seperti agenda sebelumnya, BLK 2024 juga diadakan di berbagai daerah Indonesia seperti Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan Medan. Agenda ini akan dilaksanakan mulai tanggal 2 Mei 2024 hingga 29 Mei 2024 yang terdiri dari tiga rangkaian kegiatan, yaitu pembukaan, roadshow seminar, dan penutupan.

BLK 2024 akan menghadirkan para panelis terkemuka yang berasal dari pemerintah serta para pelaku usaha di industri blockchain dan aset kripto Indonesia. Selain itu BLK 2024 juga akan berkolaborasi dengan banyak komunitas dan universitas besar di Indonesia guna memperluas jangkauan masyarakat dari berbagai kalangan.

Melalui BLK 2024 diharapkan masyarakat dapat menerima informasi dan edukasi yang benar dan tepat terkait risiko, manfaat, dan potensi perdagangan aset kripto. Dengan meningkatkan literasi kripto ini akan berdampak pada tingkat kepercayaan masyarakat terhadap perdagangan aset kripto, sehingga nantinya masyarakat tidak perlu merasa ragu dalam bertransaksi dan dapat melakukannya secara aman dan nyaman.

Baca Juga:   Panduan Praktis Cara Membuat Tulisan Kosong di WhatsApp Tanpa Aplikasi

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mendukung program literasi kripto di Indonesia demi membangun ekonomi digital yang inklusif. Terus lakukan upaya terbaik demi mendukung perkembangan ekosistem dan teknologi kripto di Tanah Air.

Tentang Nusa Finance

dokumentasi: Nusa Finance

Nusa Finance adalah platform Web3 penyedia layanan keuangan terdesentralisasi terlengkap pertama dari Indonesia. Fitur unggulan Nusa adalah pasar pinjaman kripto dimana pengguna dapat meminjamkan, dan menjaminkan aset kripto untuk membantu proses trading. Nusa bertujuan untuk membuat platform Web3 mudah diakses oleh siapa saja.

Kenali Nusa Finance lebih lanjut

Penjelasan lengkap : Docs Nusa Finance

Kunjungi website : Nusa Finance

Bergabung di komunitas : Nusa Finance Indonesia 

Referensi

Adhi. (2023, February 2). Bulan Literasi Aset Kripto 2023, Masyarakat Harus Makin Paham. Kementerian Komunikasi dan Informatika. Retrieved May 14, 2024, from https://www.kominfo.go.id/content/detail/47201/bulan-literasi-aset-kripto-2023-masyarakat-harus-makin-paham/0/berita

Arka, Y. A. P., & Noviyanti, S. (2024, May 3). Bangun Pemahaman Kripto di Tanah Air, Aspakrindo dan ABI Gelar Bulan Literasi Kripto 2024. Kompas Money. Retrieved May 14, 2024, from https://money.kompas.com/read/2024/05/03/152419926/bangun-pemahaman-kripto-di-tanah-air-aspakrindo-dan-abi-gelar-bulan-literasi

Puspadini, M. (2023, October 19). Ada Dua Asosiasi Kripto Merger, Ini Dampaknya. CNBC Indonesia. Retrieved May 14, 2024, from https://www.cnbcindonesia.com/market/20231019093616-17-481841/ada-dua-asosiasi-kripto-merger-ini-dampaknya

Sayekti, I. M. S. (2024, May 6). Perkuat Perlindungan Masyarakat, Bappebti Gelar Bulan Literasi Kripto Tahun 2024. Press Release. Retrieved May 14, 2024, from https://pressrelease.kontan.co.id/news/perkuat-perlindungan-masyarakat-bappebti-gelar-bulan-literasi-kripto-tahun-2024

Related Articles

Back to top button