Tekno

Waspada! Fitur Tersembunyi Google Bisa Memata-matai Suara Anda! Ini Cara Mematikannya

Foto: Makeuseof.com

LiveNews – Google menyimpan fitur tersembunyi yang memungkinkan perusahaan teknologi ini merekam suara setiap penggunanya secara diam-diam.

Rekaman tersebut kemudian disimpan untuk berbagai tujuan. Google menyimpan rekaman audio dari aktivitas web dan aplikasi, serta interaksi suara dengan fitur pencarian, asisten, dan peta.

Sejauh ini Google mengklaim bahwa mereka menggunakan rekaman ini untuk mengembangkan dan meningkatkan teknologi pengenalan suara. Walaupun Google serta perusahaan lain seperti Amazon dan Apple berpendapat bahwa perangkat asisten mereka, seperti Alexa dan Siri, hanya mendengarkan perintah dan melakukan pemasaran, tetapi kenyataannya, isu privasi tetap menjadi perhatian utama.

Beberapa waktu lalu, seorang pengusaha teknologi bernama Jeffrey Castillo mengunggah video di Instagramnya @digitaljeff, menjelaskan bahwa pengguna dapat menonaktifkan fitur ini dengan membuka aplikasi Google dan menavigasi ke opsi ‘Kelola akun Google Anda.’

Sebagaimana dilansir oleh teknologi.id (14/05) dari laman instagramnya, Castillo menegaskan bahwa pengguna perlu mengelola akun Google mereka sendiri dan membatalkan opsi di bagian “Data dan Privasi,” yang menurutnya dapat mencegah perusahaan teknologi tersebut untuk mengakses mikrofon dan kamera pengguna.

Baca juga: Google Hadirkan Fitur “Circle to Search” pada iPhone, Lebih Praktis!

Di dalamnya, pilih tab ‘Data dan Privasi’ dan geser ke bawah hingga Anda menemukan ‘Pengaturan Riwayat’. Di bagian ‘Aktivitas Web dan Aplikasi’, Anda akan melihat tanda centang biru. Setelah Anda mengklik dan meluncur ke bawah, Anda akan menemukan pengaturan aktivitas suara dan audio yang juga ditandai dengan tanda centang biru. Untuk menghentikan Google dari mendengarkan, cukup hilangkan tanda centang tersebut.

Tentu saja, keberadaan fitur tersembunyi ini merupakan ancaman serius bagi setiap pengguna layanan Google. Pelaku kejahatan siber yang berupaya untuk mengakses akun Anda atau memata-matai perangkat pintar Anda dapat dengan mudah memanfaatkan rekaman suara tersebut untuk mendengarkan panggilan telepon dan mencuri informasi dari data yang disimpan oleh Google.

Baca Juga:   WhatsApp Channel Resmi Rilis, Dapatkan Informasi Up-to-Date Lebih Mudah

Jadi, apa langkah-langkah untuk menonaktifkan fitur rekaman suara di Google?

Cara menonaktifkan Akses rekaman suara di Google

Baca juga: OpenAI Rilis Mesin Pencari Terbaru, Siap Saingi Google!

Sebagaimana dilansir dari makeuseof.com (14/05/2024), berikut langkah-langkah menonaktifkan akses rekaman suara di Google:

Foto: makeuseof.com

  • Buka menu Pengaturan di perangkat ponsel Anda dan pilih opsi Aplikasi & notifikasi (jika menggunakan Android 12 atau versi yang lebih baru, ini hanya akan disebut Aplikasi).
  • Ketuk opsi Lihat semua aplikasi untuk melihat daftar lengkap aplikasi yang telah Anda instal.
  • Gulir ke bawah hingga menemukan aplikasi Google, kemudian ketuk aplikasi tersebut.
  • Pilih opsi Izin dan cari opsi Mikrofon.
  • Pilih opsi Tolak (atau Jangan izinkan, tergantung pada konfigurasi ponsel Anda) untuk menolak izin akses mikrofon untuk aplikasi Google. Anda mungkin akan diberi peringatan bahwa beberapa fungsi perangkat Anda mungkin terganggu, yang merupakan hal yang normal.

Cara lain juga dapat Anda lakukan dengan langkah-langkah berikut:

Foto: msn.com

  • Mulailah dengan membuka aplikasi Google di perangkat Anda dan ketuk opsi “Kelola Akun Google Anda.”
  • Di layar berikutnya, pilih tab “Data dan Privasi” dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Pengaturan Riwayat.”
  • Ketika Anda menemukan bagian “Aktivitas Web & Aplikasi” yang ditandai dengan tanda centang berwarna biru, ketuklah opsi tersebut.
  • Klik dan geser ke bawah pada halaman yang muncul. Anda akan melihat pengaturan aktivitas suara dan audio juga ditandai dengan tanda centang berwarna biru.
  • Untuk menghentikan Google dari mendengarkan Anda, cukup hilangkan tanda centang tersebut.

Dengan mematikan opsi ini, rekaman audio dari percakapan suara dengan Google Penelusuran, Asisten, dan Maps tidak akan disimpan ke akun Google Anda pada server Google, bahkan saat Anda sedang login.

Baca Juga:   Segini Estimasi Kuota yang Dibutuhkan untuk Aktivitas di Media Sosial

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ny)

Related Articles

Back to top button