Tekno

WhatsApp Siapkan Fitur Kode Rahasia untuk Temukan Chat yang Terkunci

Foto: Sin Mordaza

Teknologi.i – WhatsApp (WA) saat ini sedang memperbarui fitur kunci pesan atau Chat Lock. Fitur Chat Lock diperkenalkan oleh perusahaan pada bulan Mei lalu. Menurut laporan dari WABetaInfo, situs yang sering mengungkap fitur baru WhatsApp, pengguna akan segera dapat mencari percakapan yang dikunci dengan menggunakan kode rahasia.

Perbaruan ini ditemukan dalam versi WhatsApp beta Android 2.23.21.9, meskipun fitur pencarian chat dengan kode rahasia ini masih dalam pengembangan dan belum dirilis secara resmi.

Baca juga: Mau Kirim Aplikasi atau File APK via WhatsApp? Begini Caranya

WABetaInfo melaporkan bahwa pengguna akan diberikan kemampuan untuk membuat kode rahasia mereka sendiri, yang akan memudahkan mereka dalam mencari chat yang telah dikunci dengan fitur Chat Lock. Kode rahasia ini bisa berupa kata-kata atau emoji, dan WhatsApp menyarankan untuk membuat kode yang mudah diingat.

whatsapp fitur

WABetaInfo juga menjelaskan bahwa kode rahasia tersebut dapat langsung diketikkan di kolom pencarian. Dengan cara ini, sistem akan menampilkan daftar percakapan yang telah dikunci.

Namun, penting untuk diingat bahwa fitur ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga belum jelas apakah setelah memasukkan kode rahasia, pengguna dapat langsung mengakses chat yang dikunci, atau apakah mereka masih perlu memasukkan kata sandi atau menggunakan pemindai sidik jari yang telah terdaftar. Selain itu, belum ada informasi tentang tingkat akses yang akan diberikan kepada pengguna setelah memasukkan kode rahasia di kolom pencarian.

2 Kemungkinan Penggunaan Fitur Kode Rahasia WhatsApp

Sejauh ini, ada dua kemungkinan untuk fitur kode rahasia ini. Pertama, pengguna mungkin hanya perlu memasukkan kode rahasia untuk mengakses chat yang dikunci tanpa memerlukan kata sandi atau pemindai sidik jari tambahan.

Baca Juga:   Resident Evil 4 Akan Hadir di PS5, Xbox, dan PC Tahun 2023

Kedua, kode rahasia mungkin hanya berlaku untuk tujuan mencari chat yang dikunci dan tidak memungkinkan pengguna untuk mengirim atau membaca pesan di dalamnya tanpa kata sandi atau pemindai sidik jari tambahan.

Baca juga: Cara Hilangkan Saluran di Status WhatsApp yang Menganggu, Gampang Banget!

Chat Lock adalah fitur yang bertujuan untuk menjaga keamanan obrolan pribadi atau grup dari akses yang tidak diinginkan. Ketika diaktifkan, pengguna harus mendaftarkan kata sandi atau pemindai sidik jari sebagai langkah keamanan.

Untuk mengakses chat yang terkunci, pengguna harus menggeser menu “Chats” ke bawah hingga menu “Locked Chat” muncul di bawah menu “Archived” (obrolan yang diarsipkan). WABetaInfo melaporkan bahwa fitur Chat Lock akan hadir dalam mode pendamping (Companion Mode), yang memungkinkan satu akun WhatsApp digunakan di dua atau lebih perangkat secara bersamaan. Sebelumnya, obrolan yang dikunci hanya tersedia di perangkat utama, bukan di perangkat pendamping.

Dengan fitur kode rahasia baru, perusahaan tampaknya ingin memungkinkan sinkronisasi antara perangkat utama dan perangkat pendamping, yang akan sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering menggunakan fitur Chat Lock.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)

Related Articles

Back to top button