Tekno

Wow! Pengguna Bisa Buat Emoji Sendiri dengan AI di Update iOS 18 Mendatang

Foto: Apple

LiveNews – Hilal Apple dalam menginovasikan AI ke dalam produknya semakin di depan mata. Perusahaan pemilik iPhone ini dikabarkan akan mengeluarkan berbagai fitur baru dalam pembaruan iOS 18 mendatang. Salah satu pembaruan tersebut adalah fitur yang memungkinkan mengguna membuat kustom emoji melalui AI.

Dilansir dari Bloomberg, Mark Gurmann membocorkan bahwa kustom emoji AI di iOS 18 tersebut mengizinkan pengguna untuk membuat emoji untuk situasi apa pun, terlepas dari set emoji yang sudah disediakan Apple dalam bar keyboard. Saking luasnya kemungkinan pengguna untuk membuat berbagai emoji, satu-satunya “batas” dalam membuatnya adalah imajinasi pengguna itu sendiri.

“Perusahaan ini sedang mengembangkan perangkat lunak yang dapat membuat emoji khusus dengan cepat, berdasarkan apa yang pengguna kirimkan. Itu berarti Anda akan memiliki emoji baru untuk setiap kesempatan, di luar katalog pilihan yang saat ini ditawarkan Apple di iPhone dan perangkat lainnya,” tulis Gurmann melalui Bloomberg, Minggu (26/05/2024).

Sebagai contoh, jika pengguna mengetik “Jet Lag”, AI mungkin dapat memahami teks dan menyarankan emoji unik yang berkaitan dengan pesawat dan keadaan jet lag.

Meski fitur ini terlihat seru dan menarik, Apple tetap akan memberikan batasan-batasan tertentu terkait prompt yang dapat digunakan pengguna sehingga tidak menghasilkan emoji yang tidak pantas. Misalnya saja emoji mengenai pornografi, rasisme, atau kata-kata eksplisit lainnya yang dapat menganggu kenyamanan pengguna dan menyalahi peraturan komunitas.

Baca Juga: Apple Berencana Hadirkan Fitur AI di iOS 18?

Fitur Baru iOS 18

Selain fitur AI yang dapat menghasilkan emoji ini, iOS 18 juga dikabarkan akan memiliki berbagai pembaruan lain yang tak kalah menarik seperti transkrip memo suara, perbaikan foto, pencarian yang lebih baik, balasan otomatis, peningkatan Safari, dan penyesuaian komunikasi Siri yang lebih alami. Apple juga akan memberikan pengalaman baru bagi pengguna untuk melakukan kustomisasi warna dari ikon-ikon aplikasi.

Baca Juga:   Studi Terbaru Ungkap Internet Starlink Bikin Lapisan Ozon Makin Tipis

Apple kemungkinan akan mengumumkan iOS 18 pada acara Worldwide Developers Conference (WWDC) tanggal 10 Juni mendatang sebelum diluncurkan secara publik pada bulan September. Perilisan tersebut diperkirakan akan dilakukan bersamaan dengan perilisan iPhone 16 dan iPhone 16 Pro.

Baca Berita dan Artikel Lainnya di Google News

(kar)

Related Articles

Back to top button