Tekno

Meta Luncurkan Meta Quest 3 Mix Reality VR Headset, Saingi Apple Vision Pro

LiveNews – Meta, perusahaan induk Facebook, resmi merilis produk terbarunya, Meta Quest 3, pada tanggal 1 Oktober 2023. Headset VR ini diklaim sebagai pesaing Apple Vision Pro, yang dirilis pada bulan Juni 2023.

Meta Quest 3 dirilis di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Eropa. VR Headset ini tersedia dalam dua model, yaitu Meta Quest 3 dan Meta Quest 3 Elite Edition. Sebagai Penerus Meta 2, Meta Quest 3 Elite Edition memiliki fitur tambahan, seperti lensa yang dapat disesuaikan dan tali kepala yang lebih nyaman.

Meta Quest 3 memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan pendahulunya, Meta Quest 2. Headset ini memiliki desain yang lebih ramping dan ringan, serta layar yang lebih tajam dan jernih. Selain itu, Meta Quest 3 juga memiliki fitur pelacakan mata dan pengontrol yang lebih canggih.

Desain Meta Quest 3 lebih ramping dan ringan, sehingga lebih nyaman untuk digunakan dalam waktu lama. Layar Meta Quest 3 memiliki resolusi yang lebih tinggi, sehingga menghasilkan gambar yang lebih tajam dan jernih.

Fitur pelacakan mata Meta Quest 3 memungkinkan pengguna untuk mengontrol objek di dunia virtual hanya dengan menggerakkan mata mereka. Pengontrol Meta Quest 3 memiliki umpan balik haptik dan gerakan yang lebih akurat, sehingga memberikan pengalaman bermain yang lebih realistis.

Baca Juga: Meta Luncurkan Produk Kacamata Pintar yang Bisa Livestream Facebook dan Instagram!

Desain dan Layar

Meta Quest 3 memiliki desain yang lebih ramping dan ringan daripada Meta Quest 2. Headset ini memiliki ketebalan 10,2 mm, dibandingkan 14,2 mm pada Meta Quest 2. Meta Quest 3 juga lebih ringan, dengan berat 309 gram, dibandingkan 503 gram pada Meta Quest 2.

Meta Quest 3 memiliki layar OLED dengan resolusi 4128 x 2208 per mata. Resolusi ini lebih tinggi 30% dibandingkan Meta Quest 2. Selain itu, Meta Quest 3 juga memiliki kecepatan refresh 120Hz, yang memberikan pengalaman visual yang lebih halus.

Fitur Meta Quest 3

Meta Quest 3 memiliki sejumlah fitur yang ditingkatkan dibandingkan Meta Quest 2. Headset ini memiliki fitur pelacakan mata, yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol objek di dunia virtual hanya dengan menggerakkan mata mereka. Meta Quest 3 juga memiliki pengontrol yang lebih canggih, dengan umpan balik haptik dan gerakan yang lebih akurat.
Harga dan Ketersediaan

Meta Quest 3 dibanderol dengan harga USD500, atau sekitar Rp7,7 juta. Headset ini tersedia untuk dibeli di situs web Meta dan di toko-toko ritel terpilih.

Meta Quest 3 bisa menjadi pilihan yang menarik bagi para penggemar VR yang mencari headset dengan performa dan fitur yang mumpuni. Selain itu, Meta Quest 3 juga bisa menjadi pilihan yang menarik bagi para pengembang game VR, karena menawarkan sejumlah fitur yang dapat meningkatkan kualitas game VR.

Jika membeli Meta Quest 3 di situs web Meta, Anda akan mendapatkan paket yang terdiri dari:

  • Meta Quest 3 Headset with pre-installed Standard Facial Interface

Ini adalah headset VR itu sendiri, dengan antarmuka wajah standar yang sudah terpasang. Antarmuka wajah ini terbuat dari busa lembut dan dapat disesuaikan untuk kenyamanan.

  • 2 Touch Plus Controllers with wrist straps and 2 AA Batteries

Ini adalah pengontrol yang digunakan untuk mengontrol gerakan dan tindakan Anda di dunia virtual. Pengontrol ini memiliki umpan balik haptik dan gerakan yang lebih akurat, sehingga memberikan pengalaman bermain yang lebih realistis.

  • Charging cable & power adapter

Ini adalah kabel dan adaptor daya yang digunakan untuk mengisi daya headset dan pengontrol. Kabel ini memiliki panjang 1,8 meter, sehingga Anda dapat mengisi daya headset dan pengontrol di mana saja di rumah Anda. Adaptor daya memiliki daya output 100-240V, sehingga dapat digunakan di seluruh dunia.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan garansi resmi 1 tahun dari Meta. Garansi ini mencakup kerusakan hardware dan software.

Dengan membeli Meta Quest 3 di situs web Meta, Anda akan mendapatkan paket yang lengkap dan lengkap untuk memulai pengalaman VR Anda.

Meta Quest 3 adalah headset VR yang mengesankan dengan sejumlah keunggulan dibandingkan pendahulunya. Headset ini diklaim sebagai pesaing Apple Vision Pro, dan bisa menjadi pilihan yang menarik bagi para penggemar VR.

Peluncuran Meta Quest 3 menunjukkan komitmen Meta untuk mengembangkan teknologi VR. Meta Quest 3 bisa menjadi salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan industri VR di masa depan.

(anta)

Baca Juga:   Qiscus Rilis Produk Baru Kolaborasi Omnichannel dan AI di Conversa 3.0

Related Articles

Back to top button