Tekno

Tips Ampuh Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

(Foto : Freepik) 

LiveNews – Mengalami kerusakan pada keyboard di laptop bisa menjadi salah satu pengalaman yang cukup membuat kita menjadi jengkel, terutama saat keyboard tidak berfungsi di tengah-tengah kita melakukan aktivitas, seperti bekerja atau pun membuat tugas kuliah. 

Dengan demikian, sangat penting bagi kita untuk mengetahui kerusakan yang umum terjadi pada sebuah keyboard laptop, termasuk mencoba mencari sebuah solusi ketika keyboard laptop tidak berfungsi atau digunakan. 

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena ada berbagai cara untuk mengatasi masalah ini tanpa perlu mengganti langsung sparepart keyboard ataupun bantuan dari seseorang yang profesional. Dalam artikel ini, kita akan membahas tips dan trik untuk membantu kamu mengatasi keyboard laptop yang tiba-tiba rusak dan tidak berfungsi. 

Sebelum itu, alangkah baiknya kita mencari tahu dan memahami beberapa kemungkinan penyebab mengapa keyboard laptop ini tidak berfungsi. Beberapa diantaranya tentunya bisa saja disebabkan oleh perangkat lunak yang rusak. Oleh karena itu memahami penyebab masalah yang terjadi pada keyboard laptop, akan membuat kita lebih efektif untuk mengatasi masalah pada keyboard laptop ini. 

Baca Juga : Stop Kebiasaan Shutdown Laptop Langsung dari Tombol Power! Ini 6 Dampak Fatalnya

(Foto : Freepik) 

1. Bersihkan Keyboard dari Debu

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan keyboard laptop, ada kemungkinan beberapa tombol pada keyboard tidak berfungsi atau tidak dapat merespon perintah karena terdapat debu yang menumpuk. 

Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu memiringkan laptop pada sudut 75 derajat dan menggoyangkan laptop untuk menyingkirkan debu dan kamu bisa menggunakan selotip untuk menempelkan debu tersebut. Jika kamu seseorang yang handal dalam membongkar pasang perangkat laptop, kamu juga bisa membersihkan nya secara langsung dengan membuka sparepart keyboard pada laptop. 

Baca Juga:   Instagram vs TikTok vs YouTube Shorts: Platform Mana yang Lebih Menghasilkan Cuan?

(Foto : Freepik) 

2. Lakukan Restart pada Laptop 

Kadang-kadang, solusi paling sederhana seringkali dilupakan, tidak menutup kemungkinan solusi paling sederhana ini adalah yang paling efektif. Jika keyboard laptop kamu tidak berfungsi disebabkan oleh software ataupun driver. Kamu bisa langsung mencoba melakukan restart pada laptop dengan cara menekan tombol power selama 5 detik. 

(Foto : Freepik)

3.Instal Ulang OS

Selain cara yang disebutkan sebelumnya, kamu juga bisa melakukan restore ulang Windows laptop untuk pemulihan sistem OS. Caranya kamu tinggal klik Start, kemudian pilih Control panel, klik system and security dan pilih back up your computer. 

Pada halaman selanjutnya, kamu tinggal klik recover system settings on your computer dan pilih open system restore. 

(Foto : Freepik)

4. Memperbaiki Driver Keyboard 

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah melakukan update driver keyboard. Caranya, kamu bisa membuka menu control panel, lalu pilih system and security dan klik device manager. 

Pada halaman ini, kamu bisa mencari driver untuk keyboard dan update driver keyboard laptop dengan menghubungkan laptop ke koneksi internet. 

Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Dicas

Solusi Efektif Keyboard Laptop tidak Berfungsi

Jika kamu dihadapkan dengan kondisi darurat dan keyboard laptop tidak berfungsi secara normal, Jangan khawatir kamu tetap bisa mengerjakan pekerjaan menggunakan Keyboard On Screen atau keyboard virtual. 

Keyboard On Screen ini bisa kamu pakai oleh kamu para pengguna Windows 8 dan Windows 10 dengan mudah, berikut caranya: 

1. Aktifkan On-Screen Keyboard menggunakan mouse dengan klik Start Menu, cari menu Windows Ease Of Access dan klik On-Screen Keyboard

2. Jika keyboard bawaan laptop masih berfungsi sebagian, kamu bisa membuka Start Menu dan mengetik OSK kemudian klik On-Screen Keyboard. 

Baca Juga:   iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max Dirilis, Ini Detail Spesifikasinya

3. Keyboard On-Screen kamu bisa mengaksesnya dengan klik Start Menu > Settings > Ease of Access > Keyboard lalu aktifkan opsi Turn On The On-Screen Keyboard. 

Kesimpulan

Mengatasi keyboard laptop yang rusak bisa menjadi sebuah tantangan, tetapi dengan memperhatikan beberapa langkah di atas tidak menutup kemungkinan bisa meningkatkan peluang untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi. Ingatlah bahwa setiap laptop mempunyai perbedaan kecil dalam setiap pengaturan ataupun langkah-langkah yang diperlukan, jadi baiknya pastikan untuk merujuk pada panduan pengguna setiap laptop. Jika semua usaha ini tidak menghasilkan apapun pada keyboard laptop-mu yang tidak berfungsi, pertimbangkan untuk menghubungi layanan service atau teknisi ahli untuk bantuan lebih lanjut. Semoga keyboard laptop-mu bisa segera normal dan berfungsi kembali!

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News 

(nr)

Related Articles

Back to top button