Tekno

X Rilis Fitur Baru Kunci Balasan, Persulit Pengguna Gratisan

Foto: Reddit

LiveNews – Platform media sosial X kini kembali merilis fitur baru yang memungkinkan hanya akun yang terverifikasi saja yang dapat membalas suatu postingan. Fitur untuk memilih siapa pengguna yang dapat membalas postingan ini telah dirilis sekitar 11 bulan yang lalu saat Elon Musk merilis verifikasi berbayar untuk Twitter Blue. Kemudian pada 10 Oktober 2023 lalu, X menambahkan opsi “verified accounts” yang dapat membalas suatu postingan

fitur baru X.

Foto: The Verge

Dikutip dari The Verge, pengguna harus membayar $7.99 atau sekitar Rp 165.000/bulan untuk berlangganan Twitter Blue dan mendapatkan lencana biru tanda akun terverifikasi. Artinya, pengguna yang telah memiliki lencana akun terverifikasi memiliki kontrol dalam memilih siapa yang akan membalas postingannya. Jika pengguna yang telah terverifikasi tersebut memilih opsi yang membalas postingannya hanya pada akun yang juga telah terverifikasi, maka akun yang belum terverifikasi tidak dapat membalas postingan tersebut. 

Baca juga: X Menghadirkan Format Iklan Baru yang Tidak Dapat Dilaporkan dan Diblokir 

Ada kekhawatiran terkait rilisnya fitur tersebut dapat mempersulit pengguna yang tidak terverifikasi untuk menyangkal informasi yang salah. Selain itu, beberapa pihak berpendapat bahwa membatasi balasan pada akun yang telah terverifikasi berdasarkan pembayaran, nomor telepon, atau bahkan dokumen identitas resmi dapat mengurangi pelecehan, umpatan atau ejekan yang menjatuhkan, dan misinformasi pada platform tersebut. Akan tetapi, pendapat tersebut dengan cepat terbantahkan seiring dengan adanya bot yang terverifikasi atau dengan melihat secara sekilas situasi di platform tersebut.

Baca
Berita dan Artikel yang lain di 
Google News.

(sza)

Baca Juga:   Ferry Unardi, Rela Drop-Out dari Harvard Demi Bangun Platform Traveloka

Related Articles

Back to top button