Tekno

Xiaomi Bakal Pakai Sistem Operasi Sendiri Bernama “MiOS”, Siap Tinggalkan Android?

Foto: Gizmologi

LiveNews- Selama ini, smartphone besutan Xiaomi menggunakan sistem operasi MiUI berbasis Android. Namun belum lama ini, terdengar kabar yang mengindikasikan sistem tersebut akan segera diganti oleh pihak perusahaan. Kabarnya, MiUI akan segera diganti dengan UI baru dengan nama MiOS. 

MiOS, Sistem Operasi Perangkat Milik Xiaomi

Ilustrasi

Ilustrasi perangkat smartphone xiaomi. Foto: Liputan6

Kabar kemunculan MiOS ini hadir setelah perusahaan mendaftarakan merek dagang sistem operasi (OS) buatan sendiri yang bernama MiOS di China pada 11 November 2022. Konon katanya, antarmuka MiOS dirancang agar berjalan dengan Android Open Source Project (OSP). Dimana hal tersebut memungkinkan sistem operasi MiOS dapat berjalan di berbagai jenis perangkat. Mulai dari smartphone, tablet, hingga smartwatch. Selain itu, MiOS juga dikatakan dapat digunakan untuk berbagai perangkat teknologi lainnya. 

Terdengar kabar bahwa MiOS akan menggantikan peran MiUI 15. Namun, ada spekulasi lain yang menyebutkan bahwa MiOS mungkin akan menjadi sistem operasi independen yang mirip dengan Huawei HarmonyOS. Sebagai pengingat, HarmonyOS adalah sistem operasi buatan Huawei yang mereka gunakan setelah dilarang menggunakan Android di perangkat mereka.

Sementara MiUI telah menjadi antarmuka yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone Android, terutama di Xiaomi dan sub-brand-nya seperti Poco, hal ini terutama karena MiUI menawarkan berbagai pilihan personalisasi dan fitur yang dapat disesuaikan oleh pengguna. Namun, harus diakui bahwa MiUI juga menerima kritik karena sering menyertakan iklan.

Baca Juga : Lupa Mi Account? Ini 5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Masalah Tersebut!

Tujuan Kehadiran MiOS

Ilustrasi

Ilustrasi mios milik xiaomi. Foto: Phoneworld

Kehadiran MiOS akan dikabarkan dapat mengurangi ketergantungan Xiaomi terhadap sitem Android milik Google. Selain itu penggunaan MiOS ini juga lebih menguntungkan pihak perusahaan. Hal ini dikarenakan perusahaan dapat memiliki lebih banyak akses untuk mengembangkan fitur dan desain antarmuka sendiri. 

Baca Juga:   Kominfo Investigasi Dugaan Pembocoran Data Rahasia Server PDN oleh "Orang Dalam"

Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan Xiaomi tertimpa nasib yang sama seperti Huawei di masa depan, dimana Huawei ditidak lagi bisa bekerja sama dengan perusahaan Amerika Serikat termasuk Google. Selain itu, langkah ini dilakukan karena perusahaan ingin mengekspansi produk ke pasar baru termasuk Amerika Serikat. Amerika Serikat sendiri sangat berfokus pada masalah kemanan android yang coba diatasi oleh perusahaan dengan menghadirkan sistem operasi milik sendiri. 

Namun hingga saat ini, masih belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai kehadiran MiOS. Sehingga kapan sitem operasi ini dihadirkan, tujuan dari penggunaan MiOS, dan apakah MiOS akan menggantikan MiUI belum dapat dipastikan secara lebih lanjut. 

Kehadiran MiUI 15

Ilustrasi

Ilustrasi miui 15 yang kabarnya akan diliris. Foto: Xiaomiui

Diluar dari kabar meneganai munculnya MiOS, Xiaomi tengah mengembangakan antarmuka MiUI 15. Meskipun pihak perusahaan berusaha untuk tidak menyebarkan informasi mengenai MiUI 15 ini, namun sudah terdapat bocoran mengenai model perangkat Xiaomi mana saja yang mendapatkan software terbaru ini. Beberapa smartphone Xiaomi yang akan mendapatkan software ini adalah Xiaomi 13 Series, Xiaomi 12 Series, Redmi Note 12 Series, serta Poco F5 Series. 

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ras)

Related Articles

Back to top button