Tekno

YouTube Perbarui Tombol Skip Ads, Mempersulit Pengguna Lewati Iklan

Foto: Linkedin

LiveNews- Pada tahun 2023, Youtube telah membuat sejumlah langkah inovasi pada layanan dan fitur nya. Salah satu fitur yang kini tengah di uji coba oleh Youtube adalah tombol Skip Ads atau Lewati Iklan. Melalui pembaruan tombol ini, Youtube mencoba menampilkan antarmuka yang lebih bersih dan menarik bagi para penggunanya.

Pembaruan Tombol Skip Ads Pada Youtube

 Ilustrasi

Ilustrasi tampilan lama dari tombol skip ads pada youtube. Foto: Meltyconevideo

Pada saat ini, Youtube tengah menguji beberapa elemen desain baru pada tampilan antarmuka atau UI mereka. Salah satu elemen desain yang tengah diuji oleh aplikasi ini adalah tombol Lewati Iklan atau Skip Ads. Tombol Skip Ads ini merupakan tombol yang biasanya digunakan untuk melewati iklan yang muncul ketika pengguna tengah menonton sebuah video melalui Youtube. 

Dilansir dari SearchEngineLand, pihak dari Youtube mengatakan bahwa penguji cobaan desain terbaru dari Skip Ads ini dilakukan dalam langkah untuk membuat desain antarmuka atau UI dari  Youtube lebih enak dipandang dan terlihat bersih. Pihak Youtube juga mengatakan bahwa uji coba desain terbaru dari tombol Skip Ads yang kini dilakukan bertujuan untuk menyuguhkan tampilan Youtube yang lebih modern. Pada tahun 2022 lalu, Youtube memang pernah mengumumkan langkah pembaruan tampilan ini dan akhirnya diwujudkan pada tahun 2023. 

Tampilan Tombol Skip Ads Terbaru Youtube

Ilustrasi

Ilustrasi tampilan tombol skip ads baru pada youtube. Foto: Kompas

Youtube sendiri tidak memberikan kejelasan yang lebih detail menganai bagaimana tampilan terbaru dari tombol Skip Ads. Namun, salah satu pegiat platform Google Ads yaitu Thomas Eccel mengungkapkan bahwa tombol Skip Ads yang nantinya hadir dalam antarmuka Youtube akan berukuran lebih kecil dari tombol yang sudah pengguna gunakan dalam aplikasi ini. Tombol Skip Ads dalam tampilan antarmuka Youtube juga nantinya akan terlihat lebih transparan dibanding sebelumnya. 

Baca Juga:   Bantah Investasi Apple di Indonesia Mandeg, Menkominfo: Lanjut Terus!

Baca Juga : Lindungi Seniman dan Perusahaan Rekaman, Ini Strategi YouTube untuk Musik Bikinan AI

Selain berukuran lebih kecil dari sebelumnya, tombol Skip Ads  baru juga akan berbentuk persegi dengan keempat ujung yang melengkung. Nantinya tulisan Skip Ads akan diganti menjadi Skip ads dalam ukuran yang tentunya lebih kecil. Penulisan  dan bentuk ini cukup berbeda dibandingkan tombol Ads yang sebelumnya digunakan pada Youtube. 

Kapan Tombol Skip Ads Baru Mulai Digunakan

Ilustrasi

Ilustrasi penggunaan aplikasi youtube. Foto: Impactbranding&design

Hingga saat ini, tombol baru Skip Ads dalam antarmuka atau UI Youtube masihlah dalam tahap uji coba. Pihak Youtube juga belum memberikan kepastian lebih lanjut mengenai kapan tombol baru ini dapat mulai dilihat dan digunakan pengguna. Namun satu hal yang dapat dipastikan adalah setelah perilisan tombol Skip Ads baru, tombol ini akan muncul pada sluruh platform Youtube. Mulai dari versi web, mobile, maupun versi aplikasi. 

Tujuan Dari Pembaruan Tombol Skip Ads Baru 

Ilustrasi

Ilustrasi iklan pada aplikasi youtube. Foto: Quora

Dengan tombol Skip Ads yang berukuran lebih kecil dan transparan, Eccel juga mengatakan bahwa tombol ini secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan iklan dari sebuah video Youtube. Hal ini dikarenakan munculnya kemungkinan bagi pengguna untuk lebih sulit melihat dan menekan tombol tersebut. 

Sebagai salah satu media sosial yang melakukan banyak kerja sama dengan pengikalan dan berbagai perusahaan, langkah ini dapat terbilang wajar. Hal ini karea Youtube sendiri memberikan kemungkinan bagi para penggunanya untuk mendapatkan uang melalui video yang mereka unggah. Namun untuk mendapatkan uang, penonton video tersebut tidak boleh mengklik tombol Skip Ads. 

Fitur Baru Pada Youtube

Baca Juga:   Perjuangan Tessa Wijaya Rela Tak Digaji dan Cuma Makan Mie Instan Demi Bangun Xendit

Ilustrasi

Ilustrasi youtube shorts. Foto: WWD

Youtube sendiri sebelumnya telah mengumumkan perilisan enam fitur Youtube Shorts baru yang siap meluncur  pada tahun 2023. Fitur tersebut diantaranya video vertikal, collab, stiker Q&A, live streaming, menggunakan audio dan efek dari rekomendasi, dan playlist. Melalui fitur ini diharapkan pengguna dapat menikmati video Shorts dengan lebih mudah dan menyenangkan. Hingga kini, keenam fitur ini baru dapat digunakan dalam Youtube versi mobile. Masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai apakah keenam fitur tersebut nantinya dapat digunakan dalam versi web. 

Baca Berita dan Artike yang lain di Google News

(ras)

Related Articles

Back to top button