Tekno

YouTuber iFixit Bongkar iPhone 15 Pro Max, Hasilnya? Sulit Diperbaiki

Foto: iFixit

LiveNews – Pada bulan September, lini iPhone 15 Series secara resmi meluncur ke pasar global. Banyak YouTuber, seperti iFixit, segera mengevaluasi perangkat baru ini. IFixit adalah komunitas yang gemar membongkar dan memperbaiki berbagai perangkat elektronik. Mereka memutuskan untuk membongkar iPhone 15 Pro Max untuk melihat seberapa mudah perangkat ini bisa diperbaiki atau direparasi.

Hasilnya, ternyata iPhone 15 Pro Max mendapatkan skor rendah, yaitu 4 dari 10, yang menunjukkan bahwa perbaikan perangkat ini cukup sulit.

IFixit mencatat bahwa perangkat ini memiliki kesamaan desain internal dengan pendahulunya, iPhone 14 Pro Max. Namun, Apple telah membuat beberapa perubahan dalam komponen internalnya untuk meningkatkan kinerja. Salah satunya adalah perubahan dalam plastik perekat di sekitar panel layar, yang sekarang memiliki warna yang lebih cerah.

Baca juga: Baru Saja Rilis, iPhone 15 Sudah Memiliki Sederet Masalah Ini!

Pada saat membongkar perangkat, IFixit pertama-tama membuka layar ponsel. Mereka kemudian mencoba mengangkat baterai, tetapi baterai tersebut cukup sulit dilepas karena banyak perekat yang sulit dijangkau.

Untuk menghapusnya, bahkan mereka harus menggunakan alkohol. Selain itu, untuk mengganti baterai iPhone 15 Pro Max, pengguna atau teknisi juga harus melepas beberapa komponen lain seperti mesin taptic dan speaker bawah.

iphone 15 pro max
Foto: iFixit

Namun yang lebih mengkhawatirkan adalah bahwa penggantian baterai ini juga memerlukan pembukaan layar, yang meningkatkan risiko kerusakan pada layar ponsel.

Jadi, jika Anda mencoba mengganti baterai sendiri, Anda harus berhati-hati. Perbaikan dengan menggunakan komponen iPhone tertentu juga terbukti sulit, dengan peringatan bahwa komponen tersebut mungkin tidak asli dan mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Namun, ada beberapa perubahan yang positif dalam desain iPhone 15 Pro Max. Salah satunya adalah penampang ponsel yang dilapisi dengan bahan titanium, yang membuatnya lebih kokoh dan tetap ringan. IFixit mengatakan bahwa bagian berlapis titanium ini cukup mudah dilepas, sehingga perbaikan penampang akan lebih mudah dilakukan.

Baca Juga:   Sinyal Internet di Baduy Resmi Diputus

IFixit juga menyoroti modul kamera iPhone 15 Pro Max, yang memiliki lensa telefoto baru yang memungkinkan zoom optik hingga lima kali. Mereka memuji cara Apple merancang sensor periskop di perangkat ini, yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan gambar dengan focal length setara 120mm. Kamera utama dan kamera ultrawide tetap sama dengan pendahulunya.


Di bawah bodinya, iPhone 15 Pro Max dibekali chipset terbaru Apple, yaitu Apple A17 Pro dengan teknologi fabrikasi 3 nm. Ini memberikan peningkatan dalam kecepatan CPU, Neural Engine, dan GPU. Perangkat ini juga memiliki tiga varian memori internal yang berkapasitas besar.

Baterai iPhone 15 Pro Max memiliki kapasitas daya yang cukup besar, dan perangkat ini mendukung pengisian daya cepat. Layarnya yang luar biasa adalah Super Retina XDR Display 6,7 inci dengan refresh rate hingga 120 Hz dan fitur ProMotion Display. Pada notch di layar tersebut terdapat kamera selfie 12 MP.

Secara keseluruhan, iPhone 15 Pro Max adalah perangkat yang memiliki banyak fitur canggih, tetapi perbaikan perangkat ini cukup rumit. Namun, perbaikan penampangnya lebih mudah berkat bahan titanium.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)

Related Articles

Back to top button