Tekno

6 Cara Mengatasi Inbox Gmail Penuh dan Menumpuk, yang Bisa Kamu Coba !

Cara Mengatasi Inbox Gmail penuh

Foto : Unsplash

LiveNews – Seluruh pekerjaan, informasi, iklan berlangganan dan promosi akan masuk ke akun Gmail kita, hal ini membuat kapasitas penyimpanan semakin penuh dan menumpuk sehingga saat ingin mengirim email dan menerima email yang baru. Hal ini bisa memperlambat aktivitas saat kamu ingin mengirim file penting lewat Gmail.

Buat kamu yang masih belum mengetahui bagaimana cara mengatasinya, dalam artikel ini akan membahas cara mengatasi inbox Gmail penuh dan menumpuk yang bisa kamu coba. Simak selengkapnya, dibawah ini :

6 Cara Mengatasi Inbox Gmail Penuh dan Menumpuk 

1. Menghapus File di Google Drive

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghapus file di Google Drive berdasarkan ukuran yang terbesar ke terkecil. Caranya buka Gmail di komputer lalu urutkan file berdasarkan ukuran.

Setelah itu, pindahkan file yang besar ke Sampah dan hapus secara permanen.

2. Membersihkan Email yang Ada di Folder Spam

Membersihkan folder spam juga bisa mengatsi jika penyimanan email terlalu penuh. Caranya cukup mudah, kamu cari folder spam lalu klik Hapus Sekarang dan Klik Hapus Selamanya.

Baca juga : Diminta Bikin Pabrik dan Apple Store di Indonesia, Begini Jawaban Tim Cook

3. Hapus Email yang Berukuran Besar

Cara yang ketiga kamu bisa lakukan adalah dengan menghapus email dengan lampiran yang besar.

Caranya kamu ketik di kolom pencarian email “has:attachment larger:(ukuran file), ukuran file disini kamu bisa pilih email dengan ukuran file yang besar, fitur ini akan otomatis menyortir email yang berukuran dari sesuai size yang diisi. Kemudian, kamu bisa ‘select all’ dan ‘delete’

4. Menghapus Email yang Sudah Lama

Penyebab email kamu bisa penuh karena tidak menghapus email yang sudah lama, cara ini bisa memulihkan kembali kapasitas penyimpanan di akun Gmail milikmu.

Baca Juga:   Fitur Baru, Caption di Foto dan Video Kiriman WhatsApp Kini Bisa Diedit

Caranya kamu ketik di kolom pencarian, ketik “older_than:2y” ini sebagai contoh jika ingin menghapus email 2 tahun yang lalu akan dihapus secara keseluruhan. Selanjutnya, kamu klik ‘select all’ dan ‘delete’

5. Membeli Kapasitas Penyimpanan Tambahan

Jika kamu sudah melakukan berbagai cara dan penyimpanan masih penuh, kamu bisa mengupgrade kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh Google sesuai kebutuhan kamu.

Cara ini bisa dijadikan sebagai opsi jika file atau email yang kamu miliki penting semua.

6. Kosongkan Email Iklan Promosi

Hal yang membuat email kamu penuh salah satunya adalah promosi, kalau kamu berlangganan pada suatu aplikasi berbayar maka aplikasi tersebut akan terus mengirimkan promosi secara otomatis. 

Jika dibuka, email promosi ini akan banyak sekali kalau dibiarkan menumpuk dan mengurangi kapasitas penyimpanan.

Kamu bisa mengosongkan email promosi tersebut dengan cara menghapusnya satu persatu. Atau, kamu bisa membatalkan langganan pada aplikasi dengan cara klil ‘unsubscribe’ setelah itu kamu tidak akan menerima lagi email promosi tersebut.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(nm)

Related Articles

Back to top button