Hiburan

Andi Rianto harapkan masyarakat semakin hargai pencipta lagu

Saya ingin sekali masyarakat memberi perhatian lebih terhadap penulis lirik maupun pencipta musik suatu lagu

Jakarta (LiveNews) – Musisi dan komposer Andi Rianto mengharapkan masyarakat semakin peduli terhadap pencipta lagu sehingga dapat lebih menghargai orang-orang yang telah menciptakan karya-karya musik berkualitas dan mampu dinikmati.

“Saya ingin sekali masyarakat memberi perhatian lebih terhadap penulis lirik maupun pencipta musik suatu lagu,” kata Andi seusai konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Ia hendak menegaskan pentingnya kesadaran masyarakat untuk menghargai pencipta lagu dengan menggarap dan merilis aransemen ulang lagu “Since I Found You” yang diciptakan olehnya.

Lagu dengan aransemen baru dan dinyanyikan ulang oleh Fabio Asher itu rilis pada Jumat. Lagu itu sebelumnya terkenal setelah dinyanyikan penyanyi Filipina Christian Bautista pada 2006.

Ia mengatakan, dirinya menciptakan lagu itu untuk Christian Bautista setelah mengiringi konsernya di Jakarta pada 2005. Christian, lanjut dia, mengaku menyukai iringan musik Andi dan ingin menyanyikan lagu buatannya.

Baca juga: Andi Rianto ajak penyanyi keluar zona nyaman dalam konser tunggalnya

Andi, yang lulus dari Berklee College of Music di Massachusetts Amerika Serikat itu, mengaku dirinya sempat kesal karena banyak orang mempertanyakan mengapa dirinya mengaransemen ulang lagu berbahasa asing dibanding lagu lainnya atau menciptakan lagu baru. Padahal, lagu yang dimaksud adalah ciptaannya.

Apalagi, beberapa warganet turut menyampaikan pertanyaan yang sama kala ia merilis aransemen ulang lagu “Since I Found You” itu.

Ia memastikan kebingungan sebagian orang tersebut adalah karena mereka tidak mengetahui bahwa lagu itu adalah ciptaan Andi Rianto dan Seto Harjojudanto.

Selain lagu “Since I Found You” yang dinyanyikan pertama kali oleh Christian Bautista, Andi juga merupakan pencipta lagu “Bahasa Kalbu” dan “Sang Dewi” yang pertama kali dinyanyikan Titi DJ, “Mengejar Matahari” untuk Ari Lasso, dan “Mengertilah Kasih” untuk Ruth Sahanaya.

Baca Juga:   Hyein NewJeans alami cedera kaki

Andi juga merupakan peraih Piala Citra FFI 2022 sebagai penulis lagu tema film terbaik.

Baca juga: Andi Rianto janjikan konser The Sound of Colors II yang spektakuler

Baca juga: Amanda Fedora kolaborasi bareng Andi Rianto di “Pursuit”

Baca juga: Andi Rianto ajak Bona Pascal kolaborasi di proyek lagu terbaru

Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Satyagraha

Related Articles

Back to top button