Hiburan

Komik pertama yang perkenalkan Superman terjual senilai Rp95 miliar

Jakarta (LiveNews) – Sebuah salinan komik bertajuk “Action Comics” edisi pertama yang pertama kali memperkenalkan karakter pahlawan super populer Superman telah terjual senilai 6 juta dolar AS atau sekitar Rp95,3 miliar dalam sebuah acara lelang, membuatnya menjadi komik termahal di dunia.

Menurut laporan Hollywood Reporter pada Kamis (4/4) waktu setempat, harga komik tersebut melampaui pemegang rekor sebelumnya yaitu salinan edisi pertama komik “Superman” terbitan tahun 1939 yang terjual pada tahun 2022 senilai 5,3 juta dolar AS (Rp84,2 miliar).

Sedangkan komik termahal urutan ketiga adalah salinan “Amazing Fantasy” edisi ke-15 terbitan tahun 1962 yang pertama kali menampilkan pahlawan super Spider-Man. Komik tersebut terjual pada 2021 dengan harga 3,6 juta dolar AS (Rp57,1 miliar).

Baca juga: Komik Superman tahun 1938 terjual hampir sejuta dolar AS

Baca juga: Lembar komik asli “Death of Superman” laku Rp7,3 miliar

“Action Comics” edisi pertama terbit pada tahun 1938 dan komik tersebut saat ini sangat langka di mana hanya tersisa 78 salinan yang teridentifikasi oleh CGC, layanan penilaian keaslian dan kondisi buku komik.

Komik karya Jerry Siegel dan Joe Shuster itu dianggap sebagai komik pahlawan super paling bernilai sepanjang sejarah.

CGC meyakini bahwa terdapat sekitar 100 salinan komik “Action Comics” edisi pertama dari total 200.000 salinan yang dicetak oleh National Allied Publication, pendahulu DC Comics yang saat ini menerbitkan komik Superman.

Salinan “Action Comics” edisi pertama seharga Rp95,3 miliar itu terjual dalam sebuah ajang lelang yang digelar pada Kamis (4/4). Dengan penilaian kondisi 8.5 dari 10, menandakan bahwa komik tersebut masih dalam kondisi yang baik di usia yang sudah puluhan tahun.

Baca Juga:   FFI sebut keputusan nominasi pemeran sepenuhnya ada pada produser film

Selain salinan yang terjual di lelang itu, hanya ada dua salinan lagi yang merupakan cetakan asli dengan kondisi baik.

Komik “Action Comics” edisi pertama menjadi salah satu komik yang paling dicari oleh kolektor di mana sebuah salinan dengan nilai kondisi 0,5 dari 10 terjual senilai 408 ribu dolar AS (Rp6,4 miliar).

Diketahui saat ini pahlawan super Superman akan mendapatkan film baru yang tengah digarap oleh James Gunn. Film yang dibintangi oleh David Corenswet sebagai Superman itu sedang dalam tahap produksi dan dijadwalkan tayang pada Juli 2025.

Baca juga: Superman digambarkan biseksual di komik terbaru

Baca juga: Komik Superman cetak rekor pelelangan tertinggi 3,25 juta Dolar AS

Baca juga: Komik langka ditawar Rp19 miliar

 

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © LiveNews 2024

Related Articles

Back to top button