Tekno

Kontes Kecantikan AI Siap Digelar, Kesempatan Emas Kompetisi Creator Content Dunia

Foto: Pexels

LiveNews – Teknologi kecerdasan buatan (AI) telah merajai berbagai sektor, mulai dari industri hiburan hingga teknologi medis. Kini, terobosan ini akan memperoleh peran yang belum pernah ada sebelumnya dalam dunia kontes kecantikan.

Ini terbukti dari diselenggarakannya kontes kecantikan bertajuk Miss AI pertama di dunia. Acara ini akan diselenggarakan pada bulan Mei 2024 mendatang.

Gagasan untuk mengadakan kontes kecantikan AI ini sendiri berasal dari seorang ilmuwan komputer yang tertarik untuk mengeksplorasi kemampuan kecerdasan buatan dalam mengenali kecantikan dan mengolah informasi dengan cepat.

World AI Creator Awards (WAICA) bekerja sama dengan platform berlangganan yang menyediakan berbagai konten AI, Fanvue, untuk menyelenggarakan Miss AI.

Tujuan utama WAICA dalam mengadakan kontes kecantikan yang unik ini adalah memberikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada para kreator AI di berbagai belahan dunia. 

Para peserta dalam kontes ini adalah AI perempuan yang telah diatur programnya untuk mengikuti serangkaian tahap seleksi dan penilaian yang umumnya terjadi dalam kontes kecantikan.

WAICA bersama para juri akan menilai peserta karakter AI berdasarkan berbagai aspek, termasuk kecantikan, tingkat kemajuan teknologi, dan dampak mereka dalam media sosial.

Para juri juga akan mempertimbangkan elemen-elemen klasik seperti penampilan, sikap, dan respons terhadap pertanyaan yang diajukan, mirip dengan kontes kecantikan manusia. Selain itu, peserta AI yang memiliki bakat atau keterampilan di luar konteks teknologi juga akan mendapatkan poin tambahan, sebagaimana halnya dalam kontes kecantikan manusia.

Pemilihan Miss AI akan dilakukan secara online, dengan penilaian dilakukan oleh panel juri yang terdiri dari ahli kecantikan dan ilmuwan komputer. Mereka akan memilih AI yang paling mencolok dalam hal kecantikan dan kecerdasan.

Baca Juga:   Ilmuwan Ungkap Teknologi AI Bisa Bantu Deteksi Dini Penyakit Parkinson

Kemenangan dalam kontes kecantikan ini akan menjadi bukti nyata kemajuan luar biasa AI dalam menggabungkan keindahan dan kecerdasan.

Baca juga: Microsoft Ciptakan Tool AI yang Bisa Buat Video “Manusia Berbicara” dari Foto

Hadiah jutaan rupiah

Foto: Instagram @fit_aitana @sweet.emilypellegrini

WAICA tidak tanggung-tanggung dalam menyelenggarakan kontes kecantikan Miss AI. Mereka menawarkan hadiah total sebesar 20 ribu USD atau setara Rp 324 juta untuk juara pertama, kedua, dan ketiga.

Karakter AI dari berbagai belahan dunia akan bersaing untuk memperebutkan mahkota Miss AI pada malam puncak penghargaan yang akan diselenggarakan secara daring pada tanggal 10 Mei 2024.

Panel juri yang akan menilai para peserta juga terdiri dari dua pencipta AI terkemuka di dunia saat ini, yaitu Aitana Lopez dan Emily Pellegrini. Keduanya terkenal dengan kepribadian digital yang luar biasa dan telah memiliki jutaan pengikut di media sosial berkat konten-konten digital mereka.

Meskipun kontes kecantikan AI masih memicu kontroversi di kalangan sebagian orang, hal ini juga dapat memperlihatkan potensi AI dalam berbagai bidang. Kontes ini juga dapat menjadi platform untuk meningkatkan kesadaran akan perkembangan teknologi AI dan dampaknya terhadap masyarakat.

Kontes kecantikan Miss AI diharapkan akan menjadi momen bersejarah dalam sejarah kecerdasan buatan. Kehadirannya diharapkan dapat mendorong terciptanya lebih banyak inovasi dan penemuan baru yang melibatkan teknologi AI.

Sebagaimana dikutip dari People, Bagi WAICA dan rekan mereka, Fanvue, kemajuan teknologi seperti AI akan terus meningkatkan standar di berbagai industri di seluruh dunia. Oleh karena itu, melalui ajang Miss AI, mereka juga ingin mengajak dunia untuk mengakui bakat luar biasa dari teknologi ini dan memanfaatkannya dengan bijak.

Baca Juga:   Kasus COVID-19 Melonjak di Singapura dan Malaysia, Bagaimana di Indonesia?

Baca juga: China Ciptakan Baterai yang Bisa Diiisi Ulang dalam Tubuh Manusia

Influencer AI yang terkenal hingga kini

Foto: bealion.com

Alba Renai, sebuah karakter AI, menjadi sorotan setelah stasiun televisi Spanyol, Mediaset, memilihnya sebagai pembawa acara segmen khusus di acara reality show populer di negara tersebut, Survivor.

Dilansir dari The Sun pada 1 April 2024, Alba diciptakan oleh Be a Lion, anak perusahaan Mediaset Spanyol, pada akhir tahun sebelumnya. Alba dengan cepat meraih popularitas dan menjadi selebgram. Saat ini, akun Instagramnya telah memiliki lebih dari 10 ribu pengikut. Melalui media sosialnya, ia mengumumkan bahwa ia akan segera tampil di TV Spanyol untuk segmen khusus berjudul “Super Secretos con Alba Renai”.

Video singkat Alba langsung menjadi viral dan menimbulkan berbagai reaksi, termasuk dari orang-orang yang tidak menyadari bahwa Alba bukanlah manusia sejati. Be a Lion menegaskan kepada penonton bahwa Alba tidak bermaksud untuk menggantikan pekerjaan siapa pun.

Luis Movilla, Direktur Konten Bermerek dan Pengalaman di Be a Lion, menyatakan kepada El Pais, “Bakat manusia tidak dapat digantikan, dan kami tidak bermaksud melakukannya. Alba hadir bukan untuk merebut pekerjaan dari siapapun.”

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ny)

Related Articles

Back to top button