Tekno

Mengenal Berbagai Kelebihan Aset Kripto

Ilustrasi mengenal berbagai kelebihan aset kripto.

Saat ini, era digital sedang menduduki kursi kepopuleran di masyarakat. Hal ini karena hampir semua bidang beralih ke dunia digital, termasuk dalam bidang keuangan. Sebagai contohnya yaitu cryptocurrency atau dikenal juga aset kripto yang saat ini selalu menjadi bahan perbincangan di masyarakat.

Bagaimana tidak, cryptocurrency digembor-gemborkan sebagai salah satu investasi yang mampu memberikan banyak keuntungan bagi investornya. Hal ini tentu saja menarik banyak perhatian dari masyarakat. Lalu sebenarnya apa itu cryptocurrency? Dan apa kelebihannya?

Apa itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency merupakan mata uang kripto yang berwujud digital dan hanya dapat digunakan bertransaksi dalam dunia digital saja. Cryptocurrency pada dasarnya berasal dari dua kata yaitu cryptography yang artinya kode rahasia dan currency yang artinya mata uang. 

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan jika cryptocurrency merupakan mata uang yang dilindungi dengan kode rahasia. Kode rahasia ini berfungsi untuk menjaga keamanan dari mata uang digital itu sendiri.

Ilustrasi mengenal berbagai kelebihan aset kripto.
Ilustrasi mengenal berbagai kelebihan aset kripto.

Baca juga: Tips Aman Investasi Aset Kripto yang Bisa Kamu Ikuti

Cara kerja dari kripto menganut tiga kata kunci, yaitu digital, terenkripsi, dan desentralisasi. Itu artinya, tidak dapat digunakan bertransaksi dengan cara yang sama seperti mata uang konvensional pada umumnya.

Mata uang ini juga tidak dikontrol oleh otoritas sentral seperti OJK. Dalam hal ini, pengontrolan mata uang dilakukan sepenuhnya oleh pemilik mata uang tersebut melalui internet.

Cryptocurrency Jadi Crypto Asset di Indonesia

Di Indonesia istilah cryptocurrency atau mata uang kripto tidak tepat, karena itu sebagai crypto asset atau aset kripto. Sesuai Surat Menko Perekonomian Nomor S-302/M.EKON/09/2018 tanggal 24 September 2018 perihal Tindak lanjut Pelaksanaan Rakor Pengaturan Aset Kripto (Crypto Asset) Sebagai Komoditi yang Diperdagangkan di Bursa Berjangka.

Baca Juga:   Apple VS Android dari Kacamata WhatsApp

Aset Kripto tetap dilarang sebagai alat pembayaran sesuai UU No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, namun dapat dikategorikan sebagai komoditi yang diperdagangkan di Bursa Berjangka. Dengan pertimbangan, karena secara ekonomi potensi investasi yang besar dan apabila dilarang akan berdampak pada banyaknya investasi yang keluar (capital outflow) karena konsumen akan mencari pasar yang melegalkan transaksi kripto.

Kegiatan perdagangan atau pembayaran tidak bisa menggunakan aset kripto di Indonesia. Aset kripto itu diatur sebagai komoditi, bukan digunakan sebagai mata uang, seperti Rupiah yang dapat digunakan jadi alat pembayaran. Perdagangan aset kripto diawasi dan dilindungi oleh Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) Kementerian Perdagangan (Kemendag) sejak tahun 2019.

Ilustrasi mengenal berbagai kelebihan aset kripto.
Ilustrasi mengenal berbagai kelebihan aset kripto.

Baca juga: Game Duckie Land Tawarkan Cara Baru Bertani Virtual di Metaverse

Kelebihan Cryptocurrency

Meskipun mata uang ini tidak memiliki pengawasan dari badan otoritas seperti mata uang konvensional, cryptocurrency memiliki kelebihan. Berikut beberapa kelebihannya.

 

  • Potensi Keuntungan yang Tinggi

 

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan dari investasi aset kripto adalah memiliki potensi keuntungan yang tinggi. Bahkan menurut seorang pengacara dari Garza Business and Estate Law yaitu Len Garza, berperndapat jika investasi kripto seperti Bitcoin akan menghasilkan keuntungan yang besar di masa mendatang.

Pendapat ini selaras dengan ungkapan Drew Hamilton yang juga mengatakan jika cryptocurrency akan terus bertumbuh ke depan. Faktanya, mata uang ini memang telah berhasil mengantarkan cukup banyak investor menjadi miliarder dunia.

 

  • Proses transaksi yang Mudah

 

Cryptocurrency menawarkan proses transaksi yang begitu mudah bagi investornya. Hal ini karena sistem yang digunakan telah terdesentralisasi sehingga titik lemah yang dimiliki perbankan bisa dipungkas habis oleh cryptocurrency

Baca Juga:   Kemitraan ITB dan Beijing Jiaotong: Majukan Teknologi Kereta Cepat di Indonesia

Konsumen bisa langsung mengakses cryptocurrency tanpa harus melalui perantara perbankan. Adapun sistem pembayaran dari cryptocurrency ini yaitu menggunakan PayPal.

Ilustrasi cryptocurrency.
Ilustrasi cryptocurrency.

 

Baca juga: Daftar Bukti Nyata Manfaat Positif dari Aset Kripto

 

Perlu kamu ketahui jika semua aktivitas dalam bertransaksi cryptocurrency ini bersifat transparan. Semua proses transaksi akan tercatat dengan jelas dalam ledger terbuka atau blockchain. Dengan demikian, pengguna bisa mengakses data tersebut kapan saja mereka menginginkannya.

Meskipun begitu, semua data yang telah ada dalam blockchain tidak dapat diubah sembarangan sehingga kemanannya relative terjamin. Cryptocurrency juga bersifat open-source sehingga memungkinkan pengguna untuk lebih mandiri dan mendpatkan peluang besar dalam mengakses keuangan.

 

 

Berbeda dengan mata uang konvensional yang membutuhkan bantuan perbankan untuk bisa mengaksesnya. Aset kripto bisa diakses kapan saja selama 24/7. Dengan begitu, kamu bisa mengakses kripto kapan saja dan dimana saja.

Kamu bisa bertransaksi kripto sambil nongkorong di kedai kopi, atau bahkan sambil jalan-jalan di mall. Hal ini karena aksesnya sangat mudah dan tidak memiliki aturan waktu khusus untuk bertransaksi.

Dari beberapa kelebihan di atas, tidak mengherankan jika mata uang digital ini menjadi incaran banyak investor. Selain keuntungannya yang sangat menjanjikan, proses transaksi juga tidak ribet.

The post Mengenal Berbagai Kelebihan Aset Kripto appeared first on Tokocrypto News.

Related Articles

Back to top button