Hiburan

Sederet musisi siapkan pentas “Sabang Merauke Pahlawan Nusantara”

Jakarta (LiveNews) – Sederet musisi dan seniman lintas genre dan generasi ternama mulai dari Cantika Abigail hingga penata musik Dian Hadipranowo (Dian HP) menjalani persiapan sesi latihan bersama jelang pentas kolosal dan teatrikal megah Sabang Merauke “Pahlawan Nusantara” di The Resonanz Studio, Jakarta Selatan.

Demi performa terbaik pada pentas yang akan diselenggarakan pada 19-20 Agustus 2023 di JIExpo Theatre, Jakarta itu, para penyanyi bersuara emas lain seperti Isyana Sarasvati, Swain Mahisa, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Nino Prabowo, Yuyun Arfah, dan Gabriel Harvianto turut berlatih bersama.

“Aku sangat bersemangat bisa terlibat di sini, menurutku ini pertunjukan yang keren, karena mengenalkan kekayaan budaya Indonesia lewat sebuah pagelaran spektakuler dan sangat menghibur,” kata Cantika pada keterangan resmi, Minggu.

Personel trio GAC itu mengatakan, pagelaran yang digagas oleh iForte dan BCA tersebut dapat menumbuhkan kecintaan akan budaya serta menghormati perjuangan para pahlawan bagi generasi muda.

Baca juga: Pagelaran Sabang Merauke “Pahlawan Nusantara” segera digelar

“Apalagi pengisi acara yang terlibat adalah mereka yang sudah tidak diragukan lagi kapabilitasnya di bidang masing-masing dan beragam. Sehingga mampu menggambarkan keberagaman Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, pada Sabang Merauke “Pahlawan Nusantara, Dian HP mengemban tugas sebagai pengarah musik.

Tak sendiri, ia akan meramu musik megah nan harmoni bersama sang putra Ammir Gita, pendiri Batavia Madrigal Singers Avip Priatna, juga penata musik tradisional Dunung Basuki, dan Meidy Ratnasari.

Baginya, kolaborasi dengan para musisi tersebut akan membalut keindahan yang menunjang aksi pertunjukan teatrikal, tari-tarian daerah dan kontemporer, parade busana etnik Indonesia, serta 31 lagu daerah dan nasional yang ditampilkan di atas panggung.

Baca Juga:   Aurel jual 16 ribu lebih produk di Shopee 9.9 via Shopee Live

“Pagelaran ini merupakan pertunjukan yang megah dan patut disaksikan oleh masyarakat Indonesia. Karena kita dapat menyelami budaya Tanah Air melalui sebuah pagelaran yang dikemas secara apik dari berbagai kolaborasi mulai dari tari, musik, busana, hingga pertunjukan panggung,” kata Dian.

“Dari lini musik, kami akan menyuguhkan alunan yang harmoni serta kaya dengan memadukan musik tradisional dan musik modern,” tambahnya.

Selain para musisi dan penyanyi, sebanyak 200 penari daerah juga terlibat dan telah menjalani sesi latihan selama kurang lebih satu bulan di Yogyakarta demi tampil dengan maksimal.

Nama-nama besar di panggung seni pertunjukan juga turut ambil bagian dalam pementasan ini. Untuk urusan visual, Sandhidea Cahyo Narpati, Pulung Jati, Dian Bokir hingga Rizqy Dhafin berkolaborasi di lini koreografi. Harmonisasi para pengisi acara ini disimpul dengan manis oleh sutradara Rusmedie Agus.

Sementara itu pada lini busana, sejumlah desainer kenamaan Tanah Air juga akan memamerkan koleksi terbaik dengan nuansa etnik Indonesia. Mereka diantaranya ialah Ivan Gunawan, Era Soekamto, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Ghea Panggabean, Taufik Bachtiar, dan sejumlah anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) lainnya. Tak ketinggalan, terdapat pula nama Iwan Tirta Private Collection dan Griya Ageman yang juga turut memamerkan koleksi Wastra Nusantara dalam pagelaran kali ini.

Adapun pembelian tiket untuk menyaksikan pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’ dapat diakses secara daring pada laman Blibli dan BCA.id.

Baca juga: Karya dan dedikasi Max Arifin jadi inspirasi abadi komunitas teater

Baca juga: Festival Musikal Indonesia bakal digelar pada 20-21 Agustus

Baca juga: Pentas teater “Tabib dari Timur” hadir secara virtual di akhir pekan

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Maria Rosari Dwi Putri

Baca Juga:   Suara Kayu dan Project Pop bawa pesan hangat lewat "Istimewa di Hati"

Related Articles

Back to top button