Tekno

Fitur Flipside Akan Dihapus, Ternyata Selama Ini Instagram Hanya Uji Coba

Foto: LiveNews

LiveNews – Pagi ini (25/04) pengguna Instagram dikejutkan dengan kabar Flipside akan dihapus dari Instagram. Hal ini ditulis langsung pada notifikasi halaman Flipside yang menyebutkan fitur ini akan segera dihapus pada tanggal 24 Mei 2024. 

Anda dapat menemukan notifikasi ini saat membuka halaman Flipside. Notifikasi tersebut menyebut tiga pemberitahuan penting.

Pertama, mulai tanggal 24 Mei Flipside tidak akan tersedia dan pengguna tidak dapat mengaksesnya lagi.

Kedua, postingan maupun story Flipside yang telah dibuat akan tersimpan dalam Archive. Instagram juga menjelaskan bahwa hanya pengguna yang dapat melihat konten tersebut dan membagikannya.

Ketiga, pengguna dapat mengunduh postingan Flipside yang diinginkan. Mereka dapat mengunduhnya melalui Pusat Akun hingga 25 Agustus 2024 atau sebulan setelah penutupan Flipside.

Flipside pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 2023 dan resmi diluncurkan di Indonesia pada akhir Januari 2024. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat “akun kedua” tanpa harus membuat akun baru. Pengguna dapat mengatur nama, bio, dan foto profil baru, serta orang-orang yang dapat melihat postingan.

Baca Juga: Meta Kembangkan Fitur Baru “Protect Teens” di Instagram

Ternyata Flipslide Hanya Fitur Uji Coba

Foto: LiveNews

Dilansir dari Tech Crunch, pada awal Januari kepala Instagram Adam Mosseri mengkonfirmasi bahwa perusahaannya sedang menguji coba sebuah fitur yang bernama Flipside. Ia mengingatkan bahwa belum tentu fitur ini akan diluncurkan secara publik.

“Kami bahkan tidak yakin akan meluncurkannya di Instagram,” tulis Mosseri pada Threads, (27/01/2024). “Di satu sisi, rasanya menyenangkan untuk menciptakan ruang kosong yang terasa lebih privat. Di sisi lain, ini adalah cara lain untuk menjangkau audiens yang lebih kecil selain dengan akun-akun berbeda dan (fitur) Teman Dekat. Kami akan melihat bagaimana tanggapan orang-orang dalam uji coba ini, dan mengulanginya ke depan,” tambah Mosseri.

Baca Juga:   Kereta Cepat Jakarta-Bandung Resmi Dinamai 'Whoosh', Ini Artinya

Meta juga mengkonfirmasi kepada TechCrunch bahwa fitur tersebut sedang dalam tahap pengujian.

“Kami selalu mencari cara-cara baru untuk membantu orang-orang terhubung dengan teman-teman di Instagram,” ujar seorang juru bicara. “Kami dengar orang-orang menginginkan lebih banyak pilihan untuk berbagi di ruang privat, jadi kami sangat senang untuk mulai menguji fitur baru di mana Anda dapat membuat profil khusus, termasuk nama, bio, dan foto khusus, serta berbagi konten eksklusif dengan sekelompok pengikut yang lebih kecil,” tambah mereka.

Akhir kata, walaupun Flipside hanya bertahan menemani penggunanya selama kurang lebih lima bulan, banyak pengguna yang merasa terbantu dengan hadirnya Flipslide. Mereka merasa nyaman membagikan postingan yang berbeda dalam satu akun yang sama daripada harus membuat akun baru.

Baca Berita dan Artikel Lainnya di Google News

(kar)

Related Articles

Back to top button