Tekno

Kini Login WhatsApp di iPhone Bisa Tanpa Kode OTP

Foto: InsiderUp

LiveNews – Pengguna WhatsApp di iPhone tidak perlu lagi berurusan dengan kerumitan otentikasi dua faktor berbasis SMS, karena platform pesan instan milik Meta, WhatsApp, telah mengumumkan bahwa mereka meluncurkan dukungan passkey atau kunci sandi di iOS.

Passkey menggunakan biometrik seperti Face ID atau Touch ID yang memungkinkan pengguna untuk masuk ke akun WhatsApp tanpa perlu meminta kode enam digit. Hal ini membuat seluruh proses masuk menjadi lancar dan menghilangkan kemungkinan akun dibobol.

Perusahaan ini mengumumkannya di X pada hari Rabu lalu. “Kunci sandi kini diluncurkan di iOS sebagai cara yang lebih aman (dan lebih mudah!) untuk masuk kembali dengan Face ID, Touch ID, atau kode sandi Anda,” tulis WhatsApp, (24/4/2024).

Baca Juga: Dapat Update, Chatbot AI Grok-1.5 Segera Hadir Di X Awal April Ini

WhatsApp sebelumnya telah meluncurkan dukungan passkey di Android tahun lalu. Dibuat oleh aliansi FIDO dan World Wide Web Consortium, passkey bertujuan untuk membuat aplikasi dan situs web memiliki login tunggal dan aman.

Kata sandi sering kali lebih rentan terhadap pelanggaran keamanan termasuk phishing dan kebocoran data. Bahkan Verifikasi 2 Langkah pun rentan terhadap phishing dan serangan yang ditargetkan. Oleh karena itu, passkey dianggap sebagai alternatif yang lebih nyaman dan efektif untuk menghindarinya.

Dikutip dari KompasTekno, adapun passkey dibangun dengan WebAuthn alias teknologi autentikasi web. Teknologi ini menyimpan dua kunci berbeda saat pengguna membuat passkey. Kunci pertama disimpan di situs web atau layanan terkait dan kunci lainnya disimpan di perangkat yang dipakai untuk verifikasi identitas. Dengan begitu, pengguna bisa punya kunci cadangan, misalnya ketika perangkat rusak, karena penyimpanan kuncinya di beberapa tempat.

Baca Juga:   Bangun Pusat AI Nasional Pertama di Solo, Nvidia dan Indosat Investasi Rp 3 Triliun!

Cara Atur Passkey dengan Mudah di WhatsApp iPhone

Foto: Gadgets360

Untuk menggunakan passkey, pengguna harus memastikan mereka menjalankan versi terbaru dari WhatsApp. Setelah itu, ikuti langkah-langkah mengatur passkey di Whatsapp bagi pengguna iPhone berikut ini.

Langkah 1: Buka aplikasi WhatsApp.

Langkah 2: Buka pengaturan WhatsApp.

Langkah 3: Klik opsi Akun.

Langkah 4: Klik Passkey

Langkah 5: Pilih opsi Buat Passkey.

Langkah 6: Anda akan diminta untuk melanjutkan dengan Face ID Wajah atau Touch ID.

Langkah 7: Klik Lanjutkan.

Setelah passkey selesai diatur, Anda tidak akan menggunakan kode OTP lagi saat masuk ke WhatsApp. Pun ketika menginstal ulang WhatsApp, Anda mungkin akan ditanyai apakah Anda ingin menggunakan passkey yang telah Anda buat sebelumnya.

Perlu diperhatikan bahwa Anda memerlukan iPhone 8 atau di atasnya dengan versi iOS 16 atau lebih tinggi untuk menggunakan passkey.

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

(kar)

Related Articles

Back to top button